Si Tikam, Film yang Beri Banyak Edukasi

 Kapolda dan pejabat lainnya hadir di bioskop untuk saksikan Si Tikam


JAYAPURA-Film Si Tikam Polisi Noken produksi Polda Papua, Rabu (9/2/2022) tayang di bioskop. Gala premiere diadakan di Studio XXI Mall Jayapura, Kota Jayapura.


Tayang perdana film tersebut dihadiri Kapolda Irjen Mathius D. Fakhiri, Wakapolda Brigjen Eko Rudi Sudarto, para pejabat utama serta tokoh-tokoh Papua.

Hadir pula Kapoksahli Pangdam XVII/Cenderawasih, Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan dan pejabat lainnya.

Kapolda bersyukur atas lancarnya pemutaran perdana film tersebut.  "Saya harap nantinya tidak ada lagi protes untuk film ini. Mari kita tonton sebagai film kebanggaan masyarakat Papua. Pesan moral lain pada film ini, yakni sinergitas TNI dan polri bukan hanya slogan, tapi kami nyata dan tentunya kami juga mau ubah pola pandangan masyarakat terhadap kami. Di film ini, masyarakat akan diperlihatkan sisi lain Papua," katanya.

Kapolda menyadari, film tersebut masih banyak kekurangan. "Ke depan kami berharap bisa lebih baik dengan menghadirkan produser dan sutradara hebat dari tanah Papua. Kami nanti akan minta saran dan masukan dari semua pihak untuk bahan kami putuskan film ini layak tidak untuk tayang pada delapan kota besar di Indonesia," katanya.

Tokoh masyarakat Pegunungan Papua, Paskalis Kossay mengatakan, film ini banyak menyampaikan pesan moral yang muatannya nilai pembangunan dan membawa pesan bagus berupa kondisi realita kehidupan sosial masyarakat Papua, sehingga melalui peran di film ini akan memberikan muatan positif untuk masyarakat. Semua bisa berpikir, apakah kita terus dalam keadaan seperti ini atau berubah terutama generasi muda Papua," katanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua KH. Syaiful Islam Al Payage mengapresiasi pada film tersebut. Baginya, film itu luar biasa dan memberikan edukasi serta banyak pembelajaran, khususnya segala sesuatu itu butuh perjuangan untuk gapai cita-cita.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat Indonesia, mari kita sama-sama menonton film ini agar bisa lihat sisi sisi lain Papua yang sangat luar biasa," katanya.

Anggota MRP Papua, Edison Tanati, AMK mengapresiasi pihak polda karena memberikan prestasi luar biasa untuk Papua, khususnya membuka ruang bagi anak-anak muda untuk berkreasi dan berkarya. "Saya setuju film ini diputar pada seluruh bioskop di Indonesia," katanya. (farid)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama