Wakil Wali Kota Hadiri Musrenbang di Tanjung Harapan


Wakil wali kota pimpin musrenbang di Tanjung Harapan


KOTA SOLOK - Dalam rangka menyusun rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kota Solok 2023, musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat Kecamatan Tanjung Harapan di aula kantor camat setempat, Rabu (16/2/2022).

Musrenbang tingkat kecamatan tersebut dibuka s Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra yang juga dihadiri Ketua DPRD  yang diwakili Nasril In Dt Malintang Sutan, Kepala Bappeda  Desmon, Camat Tanjung Harapan Feri Agriadi, kepala OPD terkait, lurah dan lainnya.

Ramadhani mengatakan, pelaksanaan musrenbang merupakan  amanat dari Undang-undang Nomor 25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yang memadu serasikan usulan pembangunan dari Kelurahan dengan perencanaan dari masing-masing perangkat daerah untuk menjadi bahan rencana kerja perangkat daerah.

"Pelaksanaan musrenbang menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan guna mendukung implementasi program atau kegiatan tahun anggaran berikutnya dan juga merupakan bentuk komitmen bersama di antara para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel," katanya.

Ditambahkan, penyusunan perencanaan pembangunan daerah, dilakukan oleh pemerintah daerah bersama para pemangku kepentingan, berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing untuk menghasilkan perencanaan yang partisipatif dengan mengintegrasikan rencana pembangunan daerah, dengan kebutuhan masyarakat.

Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan dalam rangka penyusunan RKPD 2023 ini merupakan momentum yang penting, karena Musrenbang merupakan salah satu tahapan dalam penyelenggaraan perencanaan pembangunan dan penganggaran di daerah.

Pelaksanaan Musrenbang diharapkan dapat mencerminkan semangat musyawarah yang bersifat partisipatif dan dialogis, serta ajang yang bersahabat bagi warga masyarakat dalam menyuarakan aspirasi dan kebutuhannya, serta menetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan. (SIS)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama