Wali Kota Solok Terima Kunjungan Tim BPK

 Wali Kota Zul Elfian terima kunjungan tim BPK Sumbar


KOTA SOLOK-Tim Badan Pemeriksa Keuangan  Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat  bertemu dengan Wali Kota Solok Zul Elfian Umar di ruang kerja wali kota, Kamis (3/2/2022).


Tim yang berkunjung diketuai Aminullah Yasien. Wali kota didampingi Inspektur Kota Solok Kefilka dan Kepala BKD Novirna Hendayani.

Tim BPK RI Perwakilan Provinsi Sumbar akan melakukan pemeriksaan interim atas laporan keuangan pemerintah daerah 2021. Entry meeting merupakan salah satu tahap penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan kelancaran pelaksanaan pemeriksaan.

Entry meeting merupakan bentuk komunikasi pemeriksaan, yang bertujuan menjalin komunikasi awal antara tim pemeriksa dengan entitas yang diperiksa serta mewujudkan kesamaan persepsi terhadap pelaksanaan pemeriksaan.

“Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Nomor 15/2004 dan Undang-Undang Nomor 15/2006, pemeriksaan yang dilakukan BPK terdiri atas pemeriksaan keuangan, pemeriksaan kinerja, dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu. Pemeriksaan yang kami lakukan kali ini adalah pemeriksaan atas laporan keuangan, yang hasilnya nantinya akan berupa opini,” jelasnya. 

Dalam melakukan pemeriksaan, BPK menggunakan pendekatan pemeriksaan berbasis risiko atau risk based audit (RBA). “Berdasarkan pendekatan tersebut, pemeriksa melakukan penilaian dan pengujian secara mendalam pada akun-akun yang signifikan dan/atau berisiko tinggi,” jelasnya. (SIS)







Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama