80 Peserta Ikuti Bimtek Pekerjaan Konstruksi

 Pembukaan bimbingan teknis


PAYAKUMBUH-Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang menggelar bimbingan teknis pelaksanaan dan pengawasan pekerjaan konstruksi di Hotel Mangkuto, Selasa dan Rabu, 29 dan 30 Maret 2022.

 

Bimtek yang diikuti 80 perwakilan badan usaha konstruksi serta PPK, PPTK dan pengawas pelaksana pekerjaan konstruksi di beberapa OPD ini dibuka Asisten II Setdako Elzadaswarman didampingi Kepala Dinas PUPR Muslim, serta Kabid Bina Konstruksi dan Perizinan Bangunan Yulia Fitri, Selasa (29/3/2022).

Narasumber yang dihadirkan, Dosen Fakultas Teknik Sipil Institut Teknologi Padang Wenda Nofera. Dia seroang doktor tamatan Michigan University Amerika Serikat,  dosen Institut Teknologi Padang, Agus dan juga Kadis PUPR Muslim.

Elzadaswarman mengatakan, pesatnya pembangunan di sektor jasa konstruksi menuntut sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dalam memfasilitasi pelaksanaan kegiatan. SDM ini adalah termasuk pihak pemberi pekerjaan seperti pejabat pembuat komitmen (PPK) atau petugas lainnya yang bertanggungjawab melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pekerjaan konstruksi.

"Sering kali terjadi masalah dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi seperti kualitas yang rendah, tidak memenuhi syarat, waktu penyelesaian pekerjaan yang terlambat, biaya tidak terkontrol, pekerjaan tidak aman, terjadi kecelakaan kerja, dan lain lain yang sering diakibatkan karena lemahnya pengawasan," ucap pria yang akrab disapa Om Zet itu.

Kepala Dinas PUPR Muslim menyampaikan, diharapkan peserta bimtek memiliki persepsi yang sama tentang bagaimana memaknai setiap program dan tugas pekerjaan, baik bidang pengawasan, administrasi, maupun mutu pekerjaan.

Menurutnya, bimtek tersebut tidak hanya menyiapkan dari sisi personel atau tenaga teknis semata. Tetapi juga melibatkan kepentingan secara menyeluruh. Artinya perlu dijalankan sejak awal, bagaimana pelaksanaan tugas di lingkungan pemerintah kota dilakukan secara terintegrasi dan terkoordinasi.

“Didukung oleh skill yang baik. Dan itu kita lakukan dengan cara pembekalan seperti ini, lewat Bimtek. Apalagi Payakumbuh ada beberapa kegiatan prioritas yang harus kita lakukan. Karenanya harus didukung oleh tenaga yang ada, staf kita dalam pelaksanaan kegiatan tersebut,” ujar Muslim didampingi Kabid Bina Konstruksi dan Perizinan Bangunan Yulia Fitri. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama