Ada Pelayanan Nikah di MPP, Pemko Payakumbuh Diapresiasi

Gita dan Fauzi menikah di MPP Payakumbuh


PAYAKUMBUH-Sepasang kekasih mengakhiri masa lajang dengan menikah pada konter nikah Kantor Kementerian Agama di Mal Pelayanan Publik (MPP) Payakumbuh, Jumat (18/3/2022).


Gadis cantik asal Kelurahan Padang Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Gita Yuliana Seftia dipersunting kekasihnya Fauzi Wan Febri, pria asal Salimpauang Kabupaten Tanah Datar dengan disaksikan pihak keluarga dan penghulu Asep Arifin dari KUA Payakumbuh Timur.

Kepala Kantor Kemenag Payakumbuh, Ramza Husmen yang menyaksikan prosesi sakral itu mengatakan, kerja sama Kantor Kemenag demgan Pemerintah Kota Payakumbuh dalam menyediakan tempat menikah gratis di luar kantor KUA dan pelayanan lainnya dari kemenag ini sudah dua tahun berjalan dan sampai saat ini terus diminati masyarakat.

"Kami mengapresiasi kerja sama ini. Kami juga ucapkan selamat kepada Wali Kota Riza Falepi dan Wakil Wali Kota Erwin Yunaz, dimana Dinas Penenaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu sukses meraih Predikat A atau kategori pelayanan prima dalam penghargaan di tingkat nasional," katanya.

Ramza menyebutkan, pelayanan publik yang disediakan Kantor Kemenag di MPP tidak hanya nikah gratis saja, mulai dari pelayanan haji, pelayanan penasehatan nikah, pendidikan madrasah, pelayanan pondok pesantren, zakat dan wakaf, izin operasional kemasjidan, produk halal, dan lainnya ada di sini. "Apa saja pelayanan di kantor kemenag, kita bawa ke MPP," jelasnya.

Sinergi kuat antara pemko dan Kantor Kemenag ini juga diapresiasi Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang, Khoirul Amani yang wilayah kerjanya Sumbar, Jambi, Riau, dan Kepri yang kebetulan sedang melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kemenag Payakumbuh.

Khoirul menilai dengan adanya MPP ini, artinya pemko mengapresiasi Kementerian Agama dalam hal pelayanan keagamaan. Buktinya adanya konter pelaksanaan nikah bagi masyarakat dan itu gratis pula. "Dengan adanya kerja sama ini kami merasa bersyukur, sinergi yang terjalin kuat dan saling membesarkan antar instansi," ujarnya.

Khoirul menambahkan, pelayanan terpadu ini sungguh luar biasa, sepanjang yang pihaknya lihat baru ini yang begitu lengkap, persis seperti pelayanan di mal. 

"Wali kota dan wakil wali kota hebat bisa menghadirkan pelayanan seperti ini. Kami berharap pelayanan publik ini bisa terus ditingkatkan demi memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Ditambah dengan publikasinya, disini ada pernikahan gratis, mau kapanpun bisa asalkan di hari kerja. Kemudian masyarakat bisa hadir ke mari sekaligus memenuhi keinginan mereka untuk dilayani, apalagi kalau ada tempat belanja di sini mungkin semakin ramai orang yang datang," pungkasnya. (AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama