Bangunan SDN Tuhegeo II Terancam Terbengkalai

 Pembangunan gedung SD yang terbengkalai


GUNUNGSITOLI-Pembangunan proyek gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri Tuhegeo II di Dusun I, Desa Tuhegeo II, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara sepertinya terancam terbengkalai atau mangkrak.


Di lokasi pekerjaan tidak ada papan informasi (plang proyek). Warga di sana heran, kenapa pembangunan sekolah itu bisa terbengkalai. Padahal, sekolah itu dibangun dengan uang negara.

Warga juga heran, sejak dimulai pekerjaan, tak jelas siapa perusahaan mana yang membangun. Ketua Komite SDN Tuhegeo II, Yaredi Laoli, Kamis (3/3/2022) ketika dikonfirmasi, dia mengaku tak mengerti kenapa pembangunan jadi terhenti. Yaredi Laoli menyayangkan kondisi itu. 

"Pembangunan rehabilitasi dan renovasi gedung SD itu ada tiga ruangan. Saat dimulainya pekerjaan, memang papan informasi proyek belum terpasang," jelasnya.

Dia berharap kepada pihak Dinas PUPR Sumatera Utara melanjutkan pembangunan sekolah itu karena siswa-siswi terkendala dalam akibat bangunan itu tidak kunjung diselesaikan.

Pihak pelaksana pembangunan, Ama David Bawamenewi saat dikonfirmasi menjelaskan, pembangunan gedung SDN Tuhegeo II itu dikerjakan sejak 2021 dan sudah putus kontrak sebelumnya.

Saat itu, putus kontrak dari rekanan dan perusahaan tersebut kabur. Upah pada masyarakat juga belum dibayarkan perusahaan yang kabur tersebut.

"Sekarang yang mengerjakan adalah sebuah BUMN konstruksi dan kita hanya sebagai pelaksana baru untuk melanjutkan saja karena ada masa perpanjangan sampai akhir Maret 2022," jelas Ama David. 

Disebutkannya, sekitar satu bulan berjalan, konfirmasi keuangan belum jelas. "Kami perlu hati-hati, saya tidak mau dirugikan," katanya. (YAMONI)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama