Bupati Asahan Serahkan LKPD ke BPK

 Penyerahan LKPD pada BPK Perwakilan Sumut


ASAHAN-Pemerintah Kabupaten Asahan  menyerahkan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) unaudited anggaran 2021 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara di Medan, Senin (14/3/2022).


LKPD diserahkan setiap kepala daerah sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap pengelolaan keuangan daerah. Penyerahan LKPD dilakukan tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir pada  tiap tahunnya.

Laporan keuangan Pemerintah  Kabupaten Asahan  tersebut diserahkan Bupati Surya dan diterima Kepala perwakilan BPK Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin, Sekretaris Daerah John Hardi Nasution, para auditor BPK dan lainnya.

Kepala Perwakilan BPK Sumut menyampaikan apresiasi pada Pemerintah Kabupaten Asahan karena telah menyerahkan LKPD 16 hari lebih cepat dari batas akhir penyerahan, yaitu tanggal 30 Maret 2022 dan Asahan menjadi kabupaten ke-10 yang telah menyerahkan ke LKPD BPK Perwakilan Sumut.

Dia juga mengapresiasi atas tindak lanjut yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Asahan atas temuan BPK. Selanjutnya BPK akan melakukan pemeriksaan atas LKPD 2021  secara lebih rinci pada 21 Maret-14 April 2022.

Bupati Surya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kepala BPK Perwakilan Sumatera Utara atas diterimanya LKPD untuk segera ditindaklanjuti dan dilakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan tersebut.

”Kami sangat mengharapkan dukungan dan support dari BPK untuk dapat lebih baik lagi dalam mengelola keuangan daerah," ujar bupati. 

Bupati juga menyampaikan harapan kepada seluruh perangkat daerah yang menjadi pengelola keuangan daerah utamanya BPKAD, Inspektorat dan BPK sebagai pemeriksa eksternal untuk bisa bersinergi dengan baik dan dapat menjadi benteng yang ampuh dalam menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan. (YG)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama