Bupati Sergai: Data Penting dalam Pembangunan

 Pemkab Sergai-BPS sinergi mutakhiran data pertanian


SEI. RAMPAH-Bupati Darma Wijaya hadir dalam pemutakhiran kerangka geospasial dan muatan wilayah kerja statistik Sensus Pertanian 2023 Kabupaten Sergai yang di aula Pantai Pondok Permai, Kecamatan Pantai Cermin, Jumat (18/3/2022


Bupati Sergai menekankan pentingnya data dalam hal apapun. Baginya, tanpa adanya data tentu tidak akan bisa diketahui hasil dari apa yang akan sudah dikerjakan.

Bupati Sergai melanjutkan, saat ini data pertanian dan perkebunan masih perlu disempurnakan, misalnya saja luas lahan irigasi dan perkebunan yang masih simpang siur. Dengan kehadiran pihak Badan Pusat Statistik (BPS) pada hari ini, bupati menyampaikan optimismenya terhadap penguatan data sebagai referensi pembangunan.

Bupati menilai, BPS selama ini mampu menyediakan dasar yang bisa menggambarkan kondisi suatu wilayah secara makro. Data ini akan sangat penting sebagai referensi bagi pemerintah daerah dalam membuat perencanaan dan evaluasi kebijakan pembangunan daerah.

Bupati yang akrab disapa Bang Wiwiek ini mengatakan, Pemkab Sergai selalu berkomitmen dalam setiap kebijakan dan pengambilan keputusan dengan selalu berpedoman kepada data, yang menjadi syarat penting untuk memulai pembangunan yang dilaksanakan.

Dirinya mengatakan, pemkab siap berkolaborasi dengan BPS secara intens dalam koridor menuju terlaksananya SDI di wilayah Sergai. “Kami mendukung penuh kegiatan tersebut agar lancar dan sukses untuk mendapatkan kerangka geospasial, dan muatan wilkerstat ST2023 yang mutakhir,” tegasnya.

Kepala BPS Sumatera Utara Nurul Hasanuddin menyebut, pihaknya melihat potensi pertanian yang sangat luar biasa di Sumut, terkhusus di Sergai. Maka dari itu perlu langkah strategis agar pendataan dapat berjalan dengan baik. 

Ia menyebut salah satu hal yang penting dilakukan adalah menyatukan persepsi agar proses pensatistikan dapat berjalan lancar, terukur dan kualitas data lebih baik lagi. Hal ini, ucapnya, dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan memaksimalkan SDM yang ada.

“Ada 102 petugas kita yang tersebar di Sergai. Kami berterima kasih kepada masyarakat yang sudah memberikan data dan informasi terkait potensi pertanian dan tidak ada yang luput. Pensatistikan di Kabupaten Sergai dapat berjalan dengan baik dan semoga hasilnya dapat dijadikan sebagai pedoman pembangunan di sini,” harapnya. (affan)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama