Cegah Banjir, Warga Bersihkan Saluran Air

 Warga bersihkan saluran air. (Kominfo)


PADANG PANJANG-Wali Kota Fadly Amran mengapresiasi semangat gotong royong yang ditunjukan warga RT 22 dan RT 11, Keluruhan Guguk Malintang (Gumala), Padang Panjang Timur, Minggu (13/3/2022). 


Dibantu petugas kebersihan dari Dinas Perkim LH, mereka melakukan pengerukan selokan yang mulai mengalami sendimentasi. Saat debit air mulai tinggi,  kerap terjadi luapan air yang menggenangi jalan hingga ada yang masuk ke pemukiman warga. 

Wali kota turut bergotong royong bersama warga setempat. Selain itu dirinya melakukan pemantauan penyebab luapan air dan mendengar aspirasi warga.

"Alhamdulillah, partisipasi warga sangat luar biasa bersama Dinas Perkim LH. Kita lihat curah hujan sangat tinggi. Ada beberapa titik yang mengalami banjir sehingga kita harus memantau terus saluran air. Alhamdulillah tadi sudah bersih. Mudah-mudahan ini bisa dilanjutkan," kata Fadly yang dikutip dari Kominfo.

Dikatakannya lagi, sejumlah aspirasi seperti penyempitan saluran, permasalahan jalan secara bertahap akan dicarikan  solusinya. 

"Salah satu prioritas kita bagaimana titik-titik banjir ini bisa tertangani. Jadi ada langkah jangka pendek dan jangka panjang. Saya berterima kasih mewakili pemerintah daerah atas semangat goro di RT 22 dan 11 ini," tuturnya.

Ketua RT Iveri Murpy menyampaikan, ia bersama warga berinisiatif bergotong royong mengatasi agar tidak terjadi lagi banjir yang disinyalir akibat pendangkalan selokan. 

"Sendimen, batu-batu, sampah-sampah kita angkat keluar. Kita lihat perkembangannya.  Apabila curah hujan tinggi apakah masih tumpah ke jalan dan masuk ke rumah warga. Kalau seandainya bisa teratasi, kita akan terapkan goro berkala setiap bulan," sebutnya.

Warga yang juga merupakan anggota DPRD, Novi Hendri, mengatakan, sering terjadi banjir di RT 22 akibat debit air yang tinggi. Sehingga meluap dan tidak tertampung melewati selokan.  (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama