Festival PDIKM, Anak Dikenalkan dengan Permainan Tradisional


  Dian Puspita buka festival PDIKM. (kominfo)



PADANG PANJANG-Bunda Literasi Padang Panjang, dokter Dian Puspita Fadly Amran buka Festival PDIKM di aula Medan Nan Bapaneh Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Senin (28/3/2022). 


Festival PDIKM ini berlangsung selama dua hari, Senin hingga Selasa. Festival diikuti anak TK/RA se-Padang Panjang.  Dian mengatakan, festival ini mengusulkan kegiatan khusus untuk anak-anak tingkat TK/RA. Dengan berwisata dan juga mendapatkan informasi tentang kebudayaan Minangkabau. 

"Kita mengharapkan kepada para guru-guru untuk bisa mengajak anak-anak kita rutin datang ke PDIKM. Ini agar meningkatkan kreativitas anak-anak dalam memainkan permainan tradisional, dan juga mengetahui informasi kebudayaan Minangkabau," ujar Dian. 

Banyak permainan tradisional yang tersedia pada Festival PDIKM. Seperti golong-golong, enggrang, congklak dan masih banyak lagi. Ini diharapkan bisa mengurangi anak-anak untuk membagi permainan mereka dan tidak terfokus kepada gadget. 

"Ini menjadi salah satu alternatif pengasuhan kita kepada anak-anak kita di era digitalisasi. Dengan banyaknya pola asuh yang mulai mengarah ke digitalisasi. Selain itu kita juga memperkenalkan kebudayaan kita kepada anak-anak," tuturnya yang dikutip dari Kominfo. 

Festival ini juga diisi dengan berdongeng yang dipandu pedongeng Niki Martoyo dan dilanjutkan dengan lomba mewarnai, dan permainan tradisional. (*) 



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama