Internet Lambat, Signal Seluler Hilang, Dinas Pendidikan Nias Kesulitan


Plang Dinas Pendidikan Kabupaten Nias


NIAS-Akses internet masih jadi persoalan serius di Kabupaten Nias. Dinas Pendidikan minta bantuan lembaga terkait agar persoalan itu teratasi. Internet yang lambat membuat pekerjaan tersendat.


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kabupaten Nias, Faozanolo Zai di ruang kerjanya, Rabu (9/3/2022) menyebutkan, terhadap kendala intenet itu, banyak sudah upaya dilakukan.  

Faozanolo Zai menjelaskan, sejak bekerja di Dinas Pendidikan Kabupaten Nias sebagai sekretaris, memang ada kendala dalam membuat laporan karena signal internet kurang memadai sehingga akses sangat lambat.

"Kadang-kadang, dalam upload data atau pengajuan program ke lembaga yang lebih tinggi, terpaksa harus menumpang di rumah penduduk yang memiliki akses internet yang lebih cepat. Akibatnya, staf harus meninggalkan tugas di kantor serta mengeluarkan biaya yang bersumber dari dana pribadi," katanya.

Diterangkannya, selain internet, di daerah itu, signal telekomunikasi melalui telepon seluler saja sangat minim atau putus-putus. Instansi merupakan perangkat daerah yang besar, sebab menaungi banyak sumber daya manusia. Mulai dari guru hingga murid.

"Kalau komunikasi tidak lancar, maka tergangggu sistim dan seakan-akan staf kami ini tidak bekerja," terang Faozanolo.

Dikatakan Faozanolo Zai, kendala itu pernah disampaikan dalam pertemuan di tingkat kabupaten kepada Dinas Komunikasi dan Informatika. Ketika dibicarakan dalam  rapat dijanjikan akan diproses. "Namun, hinggga kini belum terealisasi," katanya.

Dia berharap kepada Dinas Kominfo untuk membantu Dinas Pendidikan agar kendala telekomunikasi dan informasi bisa teratasi. "Tolonglah survei ke Dinas Pendidikan tentang kendala kami hadapi," katanya. (YAMONI)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama