Jelang Lebaran, Objek Wisata Pesanggrahan di Agam Dibuka Lagi


Panorama alam di pesanggrahan


AGAM-Objek wisata pesanggrahan yang di Dusun Gobah Ateh, Jorong Lasi Mudo, Kenagarian Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam, kembali dibuka.


Sebelumnya pernah dibuka nagari beberapa tahun silam, namun karena ada beberapa hal, maka objek wisata ini terbengkalai.

Tokoh masyarakat setempat, M. Syawal, Senin (28/3/2022)  mengatakan, pesanggrahan punya potensi yang bagus. Sayang kalau tidak dikelola.

“Tempat ini punya potensi yang bagus. Selain menawarkan panorama alam yang indah, dan sejuk, pesanggrahan ini juga punya nilai sejarah,” Terangnya.

Syawal memaparkan, di tempat itu, Belanda pernah membangun rumah dan menanam pohon pinus. Namun pada 1950-an rumah tersebut dibakar saat konflik dengan PRRI. 


Bekas bangunan Belanda yang masih tersisa

Bekas bangunan itu hanya tertinggal dapur dan kloset yang masih dapat ditemui sampai saat ini. “Dulu, dapur ini masih utuh, tetapi, karena gempa, dapur ini retak dan runtuh separuh ke atas,” lanjutnya.

Ketua Pokdarwis Pesanggrahan, yang biasa dipanggil Gapuak, mengatakan, pesanggrahan akan launching pada saat libur lebaran. Meski begitu, saat ini masyarakat sudah bisa mengunjunginya.

“Kita menargetkan objek wisata ini bisa launching saat lebaran. Tetapi bukan berarti, masyarakat yang mau datang ke sini saat ini, tidak boleh mengunjungi pesanggrahan,” Ucapnya.

Gapuak menambahkan, masyarakat yang datang ke sini, diharapkan dapat menjaga norma-norma yang ada. Sebab, pihaknya akan memberikan sangsi jika pengunjung kedapatan melakukan hal-hal yang tidak patut. “Kita mengedepankan nilai-nilai yang berlaku. Baik secara adat ataupun agama,” tutupnya. (zainal)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama