Pandemi Masih Mendera, Ekonomi Riau Tetap Tumbuh


Gubernur Syamsuar beri sambutan


PEKANBARU-Gubernur Syamsuar mengajak Forkopimda dan semua pihak di Riau untuk bersinergi dalam memulihkan ekonomi, meskipun pandemi Covid-19 belum berakhir.


Hal ini disampaikan Syamsuar saat menjadi narasumber dalam rapat pimpinan Polda Riau dengan tema potret pembangunan bidang ekonomi, sosial, politik dan budaya Melayu serta penanganan Covid-19 di Aryaduta Hotel Pekanbaru, Senin (28/3/2022). "Sekarang bagaimana kita memulihkan ekonomi," kata Syamsuar.

Ia mengungkapkan, Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada kepala daerah agar mengendalikan inflasi. Kemudian sekaligus meningkatkan percepatan anggaran, khususnya semua anggaran yang ada di pemerintah, baik kementerian, maupun juga BUMN termasuk pemda.

Syamsuar menerangkan saat ini pemerintah juga menargetkan penggunaan produk dalam negeri, sekaligus sebagai langkah untuk memulihkan ekonomi di Indonesia. "Inilah yang menjadi komitmen kita bersama dalam rangka menindaklanjuti arahan Pak Presiden di Bali baru-baru ini," sebutnya.

Syamsuar menambahkan pertumbuhan ekonomi Riau pada 2021 mencapai 3,36 persen. Pertumbuhan ekonomi tersebut cukup baik dibandingkan dengan beberapa tahun belakangan.

Gubernur menyebutkan, meskipun di tengah pandemi, pertumbuhan ekonomi Riau 2022 cukup baik. Terangnya, pada 2016 pertumbuhan ekonomi Riau 2,18 persen, pada 2017 sebesar 2,66 persen, tahun 2018 2,35 persen, tahun 2019 sebesar 2,81 persen, tahun 2020 minus 1,13 persen dan sedangkan 2021 mencapai 3,36 persen.

Ia menerangkan pertumbuhan ekonomi Riau pada 2021 luar biasa, sehingga ini menjadi tugas bersama agar bisa mempertahankan dan bahkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. (ES)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama