Pemkab Sergai Gelar Isra Mi’raj di Serbajadi


 Bupati serahkan bantuan pada warga


SERBAJADI-Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya dan Wakil Bupati Adlin Umar Yusri Tambunan hadir dalam peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW yang diadakan pemerintah kabupaten di Masjid Taqwa, Dusun VII, Desa Pulau Gambar Kecamatan Serbajadi, Kamis (10/3/2022).


Bupati menyampaikan, kegiatan itu mempunyai tujuan utama sebagai sarana silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat. Selain sebagai sarana silaturahmi, bupati mengatakan, kegiatan ini sebagai sarana informasi terkait kondisi pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

“Program prioritas pembangunan daerah 2021-2024 yang disebut dengan Sapta Dambaan atau Sabda terdiri dari berbagai sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, religi, infrastruktur, ekonomi, pariwisata hingga aspek birokrasi,” katanya.

Bupati mengemuakan, salah satu program pembangunan non-fisik untuk meningkatkan kualitas SDM yang sehat dan religius, dengan mengadakan program ekstrakurikuler untuk siswa yang belum bisa mengaji di luar jam pelajaran. 

Ia menyebutkan, ekstrakurikuler untuk siswa yang bisa mengaji akan ditingkatkan agar mempersiapkan calon qori masa depan dan ini dilaksanakan di luar jam pelajaran. Bupati mengatakan, akan dilakukan juga sahlat berjemaah dan mengatur Shalat Dhuha bagi siswa secara bergantian, kemudian melaksanakan ekstrakurikuler manasyik haji di seputaran Masjid Agung dimulai dari tingkat PAUD, SD dan SMP.

“Selanjutnya dilaksanakan juga Shalat Jumat bersama di masjid-masjid terdekat yang dilakukan para siswa dan guru. Tak hanya itu, juga akan dilaksanakan pesantren kilat di Ramadan mendatang,” jabar Darma Wijaya.

Wabup Sergai Adlin Tambunan menyampaikan, pihaknya menyalurkan santunan kepada anak yatim sebanyak lima orang dan bantuan 20 paket sembako kepada lansia yang kurang mampu melalui Badan Amil Zakat Nasional Sergai.

“Ini bersumber dari penghasilan ASN pemkab yang beragama Islam sebagai zakat profesi yang diperoleh oleh Baznas Sergai dan semoga apa yang diberikan hari ini dapat bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan,” harapnya.

Ia mengatakan, di bawah kepemimpinan Dambaan, pihaknya fokus dalam pembenahan infrastruktur. “Pembangunan infrastruktur di antaranya jembatan, irigasi, dan jalan. Saya mengajak kepada masyarakat seluruhnya, agar sama-sama kita menjaga infrastruktur yang sudah dibangun. Karena membangun itu mudah, lebih sulit merawatnya, sehingga untuk itu harus sama-sama kita menjaganya,” tandas Adlin.

Ustadz Samin Pane dalam tausiahnya menyampaikan, Isra dan Mi'raj adalah perjalanan fisik Rasulullah dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa dan kemudian ke langit ketujuh  menuju Sidratulmuntaha.

Ia mengingatkan, shalat sesungguhnya untuk mencegah umat dari kegiatan keji dan mungkar. “Kalau kita terhindar dari sifat keji dan mungkar, maka kita secara otomatis akan melaksanakan kegiatan yang berlawanan dari kedua sifat itu yaitu sifat-sifat kemuliaan. Sikap dermawan dan berbagi dengan sesama yang membutuhkan merupakan hal mendasar yang membuat ketenangan dan kenyamanan dalam hati dan jiwa kita. Serta dengan pemimpin yang amanah, sayang serta mengayomi masyarakat, maka suatu daerah akan menjadi daerah yang yang dirahmati Allah SWT,” ucapnya. (affan)





Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama