Presiden Jokowi dan 34 Gubernur Satukan Tanah-Air di IKN Nusantara


 Titik nol IKN Nusantara. (detikcom)


JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan gubernur dari 34 provinsi melakukan prosesi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara. Penyatuan air dan tanah ini digelar di titik nol IKN Nusantara.


Proses penyatuan tanah dan air ini disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/3/2022). Proses ini turut disaksikan Ketua MPR Bambang Soesatyo. Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana. Tiba di titik nol IKN, Jokowi disambut Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI, Sultan Adji Muhammad Arifin.

Para menteri yang mendampingi Jokowi antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Seskab Pramono Anung, Kepala IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Dhony Rahajoe.

Prosesi dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat kesempatan pertama untuk menyerahkan tanah dan air yang dibawa ke Presiden Jokowi.

Anies memberikan tanah dan kendi berisi air ke Jokowi yang kemudian dituangkan ke bejana Nusantara. Penyerahan tanah dan air itu kemudian dilakukan oleh Gubernur Aceh dan Papua. Satu per satu gubernur menyerahkan tanah dan kendi air ke Presiden Jokowi. (detikcom)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama