Presiden Jokowi Sambangi Stand Dekranasda Sergai



 Presiden datangi stand Sergai di International Handicraft Trade Fair 


JAKARTA-Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Serdang Bedagai mengikuti International Handicraft Trade Fair (Inacraft) yang diselenggarakan di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (23/3/2022). 


Kegiatan yang dilaksanakan 23-27 Maret ini dibuka Presiden Joko Widodo dengan mengangkat tema smiling heritage of West Java; from smart village to global market.

Presiden Joko Widodo menyempatkan diri berkunjung ke stand Dekranasda Kabupaten Sergai sembari melihat-lihat berbagai produk andalan kerajinan UMKM kabupaten tersebut.

Bupati Dharma Wijaya menyampaikan, gelaran ini berlangsung dengan menampilkan ragam produk kerajinan UMKM se-nusantara dengan harapan akan mampu membangkitkan perekonomian nasional yang sebelumnya terpengaruh cukup signifikan akibat pandemi Covid-19.

“Ini merupakan momentum mengembalikan potensi ekonomi kerjinan UMKM nasional, khususnya Sergai. Lewat kegiatan ini, kita sama-sama berharap semoga kerajinan tangan di Sergai bisa dikenal lebih luas lagi dan dapat bersaing dengan produk kerajinan dari daerah lain,” ungkap bupati.

Dia mengungkapkan, dalam Incraft tahun ini, Dekranasda Sergai mengunggulkan berbagai hasil kerajinan berbahan baku serat alam, yaitu pandan dan purun. Bahan baku tersebut dikreasi dalam berbagai bentuk kerajinan seperti tas dan dompet yang menarik.

 “Sergai memiliki potensi sumber daya yang sangat baik untuk mendukung sektor kerajinan tangan. Mudah-mudahan pelaku UMKM bidang ini tetap bisa memaksimalkan potensi tersebut lewat berbagai inovasi produk yang menarik minat dan memiliki nilai ekonomis yang bagus,” kata bupati.

Presiden Joko Widodo menyampaikan kepada masyarakat agar mencintai produk kerajinan dalam negeri. Hal ini, sebutnya, dapat mendukung dan mengembangkan para perajin UMKM. “Dengan mencintai produk lokal, kita akan secara signifikan membangkitkan UMKM di Indonesia,” ucapnya.

Pameran kerajinan tangan ini diikuti 722 peserta yang terdiri dari 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas dan 43 peserta binaan BUMN. (affan)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama