Siswa SMP 3 Hiliserangkai Belum Dapat Ijazah, Orang Tua Gelisah


 Warga datangi sekolah guna pertanyakan ijazah anak mereka



NIAS-Sejumlah orang tua siswa mendatagi SMP Negeri 3 Hiliserangkai, Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Mereka menyampaikan kegelisahan  lantaran ijazah anak mereka tak kunjung dikeluarkan pihak sekolah sampai saat ini.


Kedatangan sejumlah orang tua siswa tersebut guna mempertanyakan pada pihak sekolah tentang ijazah itu.  Para orang tua itu menyebutkan, kenapa lama sekali ijazah keluar. 

"Anak kami telah lulus pada 2021 di SMP Negeri 3 Hiliserangkai dan hingga kini belum mendapat ijazah asli mereka dari pihak sekolah. Padahal, ijazah sebagai bukti fisik tersebut akan dipakai dengan cara difoto copy untuk administrasi masuk ke jenjang sekolah berikutnya, "paparnya.

Dikatakan salah seorang orang tua, BL menyebutkan, kedatangan para orang tua siswa yang sudah tamat itu disambut baik oleh beberapa guru. Ketika orang tua datang, pelaksana harian kepala sekolah dan wakil kepala sekolah belum tiba di sekokah.

Namun, pengakuan para orang tua, ada guru yang menyuruh mereka untuk mengurus ijazah itu pada pihak lain yang tak ada hubungannya dengan sekolah tersebut. Para orang tua tak terima, sebab anak mereka tamat di SMP Negeri 3 Hiliserangkai, sehingga seharusnya persoalan diselesaikan dengan sekolah bersangkutan.

"Kami sebagai orang tua siswa meminta Dinas Pendidikan Kabupaten Nias untuk menelusuri persoalan ini, supaya masalah terang benderang, sehingga bisa jelas di mana ijazah itu sekarang," kata orang tua siswa yang sudah tamat itu.

Pelaksana Harian Kepala SMP Negeri 3 Hiliserangkai, Peringatan Gea mengatakan, sejumlah ijazah siswa yang tamat atau lulusan pada 2021 ada di tangan kepala sekolah lama.

"Ijazah itu bukan sama saya dan juga tidak ada di sekolah, tetapi di tangan kepala sekolah lama, Pak," ungkapnya.

Dikatakannya, persoalan ini pernah disampaikan ke Dinas Pendidikan Kabupaten  Nias, namun belum ada solusi dan jawaban. "Kita tunggu informasi karena sudah saya sampaikan tentang ijazah anak yang tamat 2021 tersebut," katanya. (YAMONI)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama