Wali Kota Payakumbuh Usul Tiga Proyek ke Menteri PUPR


 

Wali kota dan jajaran foto bersama dengan Menteri PUPR


PAYAKUMBUH-Meski tak lama lagi masa jabatannya sebagai kepala daerah akan berakhir, Wali Kota Riza Falepi tak pernah menurunkan gas dalam mengebut pembangunan untuk kota yang dipimpinnya.



Riza menghadiri audiensi kepala daerah se-Sumatera Barat dengan Menteri PUPR, Mochamad Basoeki Hadimoeljono di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Wali Kota Riza Falepi menyampaikan, ada tiga titik pembangunan yang diusulkan untuk dilaksanakan pada 2023 ke kementerian PUPR, yakni lanjutan normalisasi Batang Agam, peningkatan lalan lingkar Utara, serta pengembangan TPA regional.

"Alhamdulillah, Pak Menteri PUPR merespon usulan dari Pemko Payakumbuh," kata Riza didampingi Kabid PSDA Harlon dan Kabid Bina Marga Erwin.

Kepala Dinas PUPR Payakumbuh, Muslim menyampaikan kabar baiknya. Usulan yang dibawa Wako Riza untuk jalan lingkar Rp25 miliar, TPA Rp35 miliar dan Rp245 miliar untuk Batang Agam untuk pengerjaan dari kantor Camat Payakumbuh Barat ke Balai Panjang.

"Jalan lingkar utara adalah akses untuk transportasi angkutan yang melalui kota kita, sudah banyak yang rusak parah, bahkan tak jarang membuat pengendara motor mengalami kecelakaan. Untuk itu akan direkonstruksi dan dilebarkan guna mendukung jalan tol," kata Muslim.

Sementara itu, lanjut Muslim, TPA regional kapasitasnya akan segera penuh karena mengakomodir empat  kota/kabupaten, menurut keterangan dari pihak pemprov, dalam enam bulan lagi penuh, sehingga butuh biaya pengembangan yang banyak.

Menteri PUPR Basoeki Hadimoeljono merespon positif ketiga usulan tersebut karena sudah dilengkapi denga readiness kriteria, lahan sudah bebas, DED sudah ada, kajian lingkungan sudah ada, kesanggupan pemda untuk mengelola dan lain-lain. (AA)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama