85,5 Juta Warga akan Mudik Lebaran

 Penumpang bus di terminal. (cnn indonesia



JAKARTA-Kementerian Perhubungan memprediksi setidaknya ada 85,5 juta warga berkeinginan mudik dalam lebaran tahun ini. Moda transportasi siap-siap untuk panen.

"Kami mengambil tiga survei. Survei terakhir adalah survei yang menanyakan animo mudik setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan diperbolehkannya mudik, dan didapat angka 85,5 juta orang yang berkeinginan melakukan perjalanan tersebut," ujar Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati, Jumat (8/4/2022).

Adita mengatakan dari 85,5 juta warga itu, 14,3 juta diantaranya berasal dari Jabodetabek. Hasil survei juga mengatakan moda transportasi yang paling banyak digunakan adalah transportasi darat.

"Khususnya kendaraan pribadi, roda empat dan roda dua lalu disusul dengan kendaraan darat seperti bus, travel dan sebagainya, baru kemudian disusul dengan udara dan kereta api," paparnya.

Adita mengatakan, provinsi asal pemudik terbesar adalah Jawa Timur, Jabodetabek, setelah itu Jawa Tengah. Adapun tujuan utama pemudik paling banyak adalah Jawa Tengah.

"Lalu tujuan pola perjalanan mudik di tahun sebelumnya tujuan kota utama adalah Jawa Tengah, lalu disusul Jawa Timur, Jawa Barat non Bodebek (Bogor, Depok, Bekasi) dan juga Jabodetabek sendiri, baru setelah itu Jogja serta kota-kota di luar Jawa," jelasnya.

Sementara puncak arus balik diperkirakan 8 Mei pukul 07.00 sampai 09.00. "Ini hasil survei. Dari survei ini tentu akan jadi pertimbangan kami mempersiapkan segala sesuatunya," kata Adita yang dikutip dari detikcom. (*)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama