Aksi Tolak DOB Marak di Papua

 Kapolda pantau aksi demo tolak DOB di Jayapura


JAYAPURA-Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Mathius D. Fakhiri turun memantau jalannya aksi unjuk rasa penolakan daerah otonomi baru (DOB) di Jayapura, Jumat (1/4/2022).


Ribuan warga yang mengatasnamakan Petisi Rakyat Papua (PRP) turun ke jalan sembari menyuarakan aspirasinya.

Ribuan personel gabungan dari Polda Papua dan Polresta Jayapura Kota diturunkan untuk melakukan pengamanan. Dengan dilengkapi mobil water canon dan mobil pengurai massa.

Melihat situasi perkembangan jalannya aksi unjuk rasa di lingkaran Abepura Distrik Abepura, Kapolda Mathius D. Fakhiri didampingi pejabat utama, bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Jhony Banua Rouw mendatangi lokasi unjuk rasa untuk mengawasi dan memantau para demonstran serta personel yang melakukan pengamanan.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, aksi demo penolakan DOB yang berlangsung di Jayapura berjalan aman dan kondusif.

“Para demonstran menyampaikan aspirasi mereka yang diterima Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua,” katanya.

Setelah menyampaikan aspirasinya massa pendemo pulang dengan mobil yang disiapkan DPRD dan dipantau aparat kepolisian untuk memastikan situasi aman dan kondusif hingga massa tidak ada lagi di sekitar tugu pelajar Abepura.

"Pengawalan tetap kami lakukan hingga mereka  ke kediaman masing-masing, untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan,” kata Kamal.

Dikatakan, demo penolakan DOB di hari yang sama juga berlangsung di Mimika. “Semuanya berjalan dengan aman dan kondusif,” tandasnya. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama