Kunjungi Kota Solok, Sandiaga Uno Mengaku Bahagia


 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno disambut kesenian tradisional di Kota Solok



KOTA SOLOK - Wali Kota Zul Elfian Umar dan Wakil Wali Kota Ramadhani Kirana Putra sambut kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno di objek wisata Pulau Belibis, Kota Solok, Rabu (13/4/2022)


Sandiaga Uno mengaku bahagia bisa mengunjungi Kota Solok. Kota kecil yang berada di perlintasan ini sangat strategis untuk bisa menjadi kota maju.

Menteri mengapresiasi perkembangan pariwisata di Kota Solok, terutama di objek wisata Pulau Belibis. Lokasi ini bisa dijadikan tujuan liburan yang tepat bagi masyarakat, apalagi jaraknya dengan daerah tetangga cukup dekat.

"Ke depan kita harus bergerak cepat, karena bidang pariwisata merupakan sektor yang diharapkan berkembang pesat pasca pandemi Covid-19. Ide kreatif dari anak-anak muda juga diharapkan akan muncul untuk kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan usaha," sebut Sandiaga Uno.

Zul Elfian Umar mengucapkan selamat datang kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno beserta rombongan. 

Dikatakan Zul Elfian Umar, Kota Solok sangat membutuhkan petunjuk dan bantuan dari Kementerian Parekraf dalam rangka pengembangan objek wisata, khususnya Pulau Belibis. Pemerintah kota melalui Dinas Pariwisata terus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas sarana dan prasarana pendukung untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan yang berkunjung.

Pulau Belibis telah dinyatakan dengan SK Gubernur Sumatera Barat Nomor: 556-575-2021 Tahun 2021 sebagai Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) Sumatera Barat. Saat ini Pulau Belibis memiliki wahana wisata sepeda air, kolam renang dan kolam pancing. Wilayah ini juga merupakan kawasan hutan kota yang letaknya bersebelahan dengan Taman Kehati dan Taman Pramuka. 

Wali kota menyebutkan, di areal  wisata Pulau Belibis  itu juga  terdapat banyak pondok lesehan bagi pengunjung yang ingin beristirahat di tepi telaga. Selain Pulau Belibis, Kota Solok juga memiliki objek wisata Batu Patah Payo, agrowisata Sawah Solok, Laing Park dan lain-lain yang menjadi aset wisata berharga dalam meningkatkan kunjungan wisata," kata wali kota.

Ditambahkan wali kota, Kota Solok adalah salah satu tuan rumah Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 melalui kegiatan Rang Solok Baralek Gadang. Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan antara lain pertunjukan seni budaya, instalasi jerami, festival layang-layang, pameran ekraf, festival silek dan aneka permainan anak nagari lainnya.

Event Rang Solok Baralek Gadang merupakan perhelatan masyarakat dalam rangka memeriahkan panen raya. Event dimaksud rencananya diadakan pada September 2022 bertempat di hamparan Sawah Solok. Event Rang Solok Baralek Gadang diharapkan akan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat dan juga meningkatkan jumlah pengunjung.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Parekraf karena telah mendukung kegiatan festival ini dan besar harapan kami pada saat pelaksanaan event nanti Pak Menteri berkenan kembali hadir di Kota Solok," ungkap wali kota.

Wali kota menyampaikan, pemerintah kota akan selalu mendukung secara penuh program-program peningkatan kualitas masyarakat terutama yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Meskipun demikian, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata tidak bisa jalan sendiri tanpa bantuan masyarakat. OPD terkait diharapkan bisa bekerjasama sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan  penyerahan cenderamata dari Wali Kota Zul Elfian Umar kepada Sandiaga Salahudin Uno yang dilanjutkan  dilanjutkan dengan pelepasan bibit ikan di dermaga Pulau Belibis. (SIS)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama