Material Longsor Dibersihkan, Jalan Penghubung Dua Desa di Gunungsitoli Idanoi Bisa Dilalui


 Alat berat dikerahkan untuk bersihkan material longsor



GUNUNGSITOLI-Salah satu ruas jalan Tuada Daeli yang menjadi penghubung antar Desa Hilimbowodesolo menuju Desa Helefanikha, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara susah dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat dalam beberapa bulan ini.


Peristiwa itu diakibatkan curah hujan yang tinggi pada September 2021 lalu sehingga terjadi longsor dan materialnya menutupi bahu jalan.

Camat Gunungsitoli Idanoi, Elifati Waruwu datang ke lapangan serta memfasilitasi Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) dan BPBD Kota Gunungsitoli dalam membersihkan material longsor tersebut, Selasa (12/04/2022).

Dijelaskan Elifati Waruwu, sejak terjadinya peristiwa longsor pada September tahun lalu, Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui PUPR (sekarang PUTR) dan BPBD Kota Gunungsitoli telah berkali-kali melaksanakan pembersihan.

"Pembersihan material tanah longsor hari ini oleh pihak PUTR dan BPBD untuk membersihkan longsoran baru akibat hujan yang terjadi seharian pada 11 April lalu," terangnya.

Menurut camat, longsor selalu ada setiap kali hujan deras akibat limpahan air penggunungan yang tertutup alirannya akibat longsor sebelumnya. "Ada dua gorong-gorong di bawah jalan yang kadang tertimpa longsoran sehingga dua saluran air itu perlu dibersihkan," katanya.

Camat berterimakasih kepada Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas PUTR bersama BPBD yang datang ke lokasi dengan mengerahkan alat berat untuk membersihkan material tanah yang menutupi ruas jalan tersebut. "Kita mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat aktif mengatasi persoalan itu," katanya. 

Camat Gunungsitoli Idanoi berharap kepada pengguna jalan tersebut agar tetap waspada dan hati-hati bila curah deras, meskipun kini ruas itu bisa dilalui.

Salah seorang warga yang melintas di jalan tersebut, Setia Gea  berterimakasih kepada pihak terkait yang telah memberikan perhatian sehingga bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. (YAMONI)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama