Menang Pra Peradilan, Yobedi Halawa Bebas Tanpa Syarat


Tim kuasa hukum Foto bersama dengan kliennya serta sejumlah wartawan di rumah keluarga Yobedi Halawa di Gunungsitoli


NIAS-Pengadilan Negeri Gunungsitoli mengabulkan permohonan pra peradilan atas penetapan Yobedi Halawa Alias Ama Tati (42) sebagai tersangka dugaan tindak pidana dalam pasal 351 ayat 1  KUHP di Kepolisian Resor Nias Selatan. 


Permohonan itu dikabulkan dan Yobedi Halawa dikeluarkan dari rumah tahanan Kejaksaan Negeri Nias Selatan pada 8 April 2022.

Sebelumnya, pada 4 Maret 2022 Kepolisian Resor Nias Selatan menangkap Yobedi Halawa sebagai tersangka kasus tindak pidana dalam pasal 351 ayat 1 KUHP berdasarkan laporan Polisi: LP/B/70/II/2022/SPKT/Polres Nias Selatan pada 28 Februari 2022. Laporan dibuat oleh Atimisa Ndruru.

Atas penetapan tersangka, penangkapan dan penahanan itu, Yobedi Halawa melalui penasihat hukumnya mengajukan permohonan pra peradilan di Pengadilan Negeri Gunungsitoli dan permohonan pra peradilan itu akhirnya dikabulkan Hakim yang memeriksa dan mengadili perkara A Aquo dan bebas tanpa syarat.

Penasihat hukum tersangka, Budi Dawolo, SH dan rekan mengapresiasi hakim Pengadilan Negeri Gunungsitoli yang memeriksa dan mengadili dimana Kliennya telah bebas tanpa syarat.

Budi Dawolo menjelaskan, putusan itu berdasarkan permohonan pra peradilan yang  didaftarkan di Pengadilan Negeri Gunungsitoli pada 15 Maret 2022 dengan Nomor perkara No: 4/Pid.Pra/2022/PN GST terkait penetapan tersangka, penangkapan dan penahanan atas dugaan tindak pidana berdasarkan laporan Polisi: LP/B/70/II/2022/SPKT/Polres Nias Selatan pada 28 Februari 2022 oleh Atimisa Ndruru.

"Kami bersyukur atas putusan pengadilan. Klien kita mendapatkan keadilan melalui putusan yang dibacakan pada 5 April lalu," jelas Budi Dawolo kepada wartawan, Sabtu (9/4/2022).

Dikatakannya, putusan hakim menyatakan, penangkapan dan penetapan Yobedi Halawa sebagai tersangka tidak mempunyai kekuatan hukum yang mengikat serta penangkapan pada 4 Maret 2022 dapat dikategorikan cacat hukum serta memerintahkan untuk membebaskan dari tahanan tanpa syarat.

"Klien kami, Yobedi Halawa telah dijemput tim di rumah tahanan Kejaksaan Negeri Nias Selatan dan yang bersangkutan sudah berada di rumah bersama keluarganya," kata pengacara muda  itu.

Yobedi Halawa berterima kasih kepada Pengadilan Negeri Gunungsitoli telah menerima dan mengabulkan permohonannya. "Terima kasih Pak Hakim telah mengadili Perkara ini dengan keadaan yang sebenar benarnya," kata Yobedi.

Yobedi Halawa juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada penasihat hukum yang selama ini telah mengawal perjalanan kasusnya.  "Terima kasih, saya sudah bebas," katanya. (YAMONI)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama