Pemkab Asahan Kembali Raih WTP dari BPK Perwakilan Sumut


Bupati Asahan terima opini WTP dari Kepala BPK Perwakilan Sumut


ASAHAN-Pemerintah Kabupaten Asahan kembali  meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) 2021. Opini tersebut diterima di aula BPK Perwakilan Sumatera Utara, Kamis (28/4/2022).


Laporan hasil pemeriksaan BPK dengan opini WTP itu diserahkan pimpinan BPK perwakilan Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan kepada Bupati Surya didampingi Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin, Sekretaris Daerah . John Hardi Nasution, Asisten Administrasi Umum Khaidir Afrin serta  OPD terkait.

Dijelaskan Eydu, opini atas laporan keuangan disusun dengan mempertimbangkan empat kriteria, kesesuaian laporan keuangan dengan SAP (standar akuntansi pemerintahan), kecukupan pengungkapan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, serta efektivitas SPIP (sistem pengendalian intern pemerintah).

Dalam mekanismenya, Laporan keuangan wajib disampaikan pemerintah daerah  kepada BPK untuk selanjutnya dikonsolidasikan menjadi LKPD.

Capaian ini merupakan kali kelima bagi Pemerintah Kabupaten Asahan yang berhasil mempertahankan opini WTP untuk LKPD 2021. Raihan tersebut diperoleh secara berturut-turut sejak 2017.

Bupati Surya  bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyusunan LKPD 2021, sehingga diperoleh opini WTP. "Raihan ini merupakan kebanggaan bagi pemerintah kabupaten karena bisa mempertanggungjawabkan anggaran 2021, sehingga pemkab memperoleh WTP untuk yang ketujuh kalinya secara berturut-turut," katanya.

Pemerintah Kabupaten Asahan akan berupaya semaksimal mungkin dalam mewujudkan setiap  program pembangunan dan akan selalu berusaha melaksanaan anggaran dengan sebaik mungkin untuk kepentingan masyarakat. "Itu semua demi mewujudkan masyarakat yang religius dan berkarakter,” katanya.  (YG)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama