Pemkab Sergai-Lantamal I Sinergi Bangun Kampung Bahari Nusantara

Jajaran Pemkab Sergai foto bersama dengan jajaran Lantamal


SERDANG BEDAGAI-Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya mengikuti tebar benih kerang Kampung Bahari Nusantara di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Rabu (20/4/2022).


Bupati Darma Wijaya menyampaikan, Kabupaten Sergai merupakan salah satu dari 12 daerah di Indonesia yang memiliki pulau terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga. Pulau itu bernama Pulau Berhala.

Ia menegaskan, pengelolaan wilayah perbatasan ini harus menjadi perhatian bersama untuk menghindari peluang terjadinya konflik perbatasan apalagi wilayah perbatasan terkait erat dengan kemampuan pertahanan negara.

Bupati yang akrab disapa Bang Wiwiek ini menyebut, Pulau Berhala merupakan kawasan strategis nasional, yaitu kawasan yang terkait dengan kedaulatan negara dan memiliki fungsi sebagai pengendalian lingkungan hidup dan pengembangannya diprogramkan bagi kepentingan nasional.

“Berbicara pertahanan negara tentu tidak hanya terkait dengan kekuatan militer saja, tetapi juga kualitas sumber daya manusia (SDM). Perihal SDM ini pun tentu tidak hanya tentang kemampuan individual saja, tetapi juga kemampuan sosial. Kalau hanya individual saja yang unggul maka hanya berbicara hak dan kewajiban sesuai dengan ego masing-masing, tetapi kalau sudah SDM unggul secara sosial maka akan tumbuh rasa tanggung jawab bersama sebagai suatu kesatuan warga negara dalam mewujudkan cinta pada negara kesatuan Republik Indonesia,” papar Bang Wiwiek.

Komandan Lantamal I, Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo menjelaskan kalau kegiatan ini sudah dimulai sejak Maret lalu dan rencananya berlangsung sampai puncaknya pada September 2022.

Dia menerangkan jika ada beberapa aspek atau klaster yang menjadi perhatian pihaknya di Kampung Bahari Nusantara, terkait dengan kesehatan, pendidikan, ekonomi, pariwisata dan pertahanan.

“Kami harap dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah maupun masyarakat di sini agar kegiatan dapat berjalan dan kami akan mendampingi sampai dengan puncaknya nanti. Seluruh rangkaian kegiatan ini tentunya harus ada nilai tambah baik dari segi ekonomi, pariwisata maupun pertahanan dan yang tidak kalah penting bagi sektor pendidikan maupun kesehatan,” tandasnya. (affan)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama