Pemkab Sergai Raih Opini WTP Keempat Kali dari BPK


 Bupati Sergai terima laporan hasil pemeriksaan dari BPK Perwakilan Sumut



MEDAN-Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Utara. Opini itu berdasarkan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan pemerintah kabupaten anggaran 2021. 


Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Utara, Eydu Oktain Panjaitan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemkab Sergai karena penyerahan hasil koreksi dari laporan pemeriksaan  sangat cepat. Hal ini menunjukan kinerja yang luar biasa atas laporan keuangan tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi jajaran Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan Bupati Darma Wijaya. Sangat cepat sekali hasil koreksi dari laporan pemeriksaan. Ini memang kinerja yang luar biasa," kata Eydu di auditorium BPK Sumut di Medan, Jumat (22/4/2022).

Ia menambahkan, pihaknya memberikan penilaian berdasarkan empat aspek penentuan opini pemeriksaan laporan keuangan. Ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan opini BPK yang merupakan pernyataan profesional pemeriksa atas kewajaran penyajian laporan keuangan. 

"Keempat aspek tersebut, kesesuaian penyajian dengan SAP, efektivitas SPI, kepatuhan terhadap Peraturan Perundangan-undangan dan yang terakhir kecukupan pengungkapan. Berdasarkan empat ketentuan tersebut, BPK memberikan Opini WTP yang merupakan opini keempat kalinya berturut-turut untuk Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat sejak 2018," sebutnya.

Dia menyampaikan ucapan selamat kepada Pemkab Sergai sekaligus berpesan agar apa yang menjadi catatan dapat segera diselesaikan serta dapat mempertahankan opini WTP ini.

Bupati Darma Wijaya, atas nama Pemkab Sergai mengucapkan terima kasih kepada BPK Perwakilan Sumatera Utara atas kerja keras dalam melaksanakan pemeriksaan demi kebaikan Kabupaten Sergai.

"Alhamdulillah, Kabupaten Sergai mendapatkan opini WTP dan sudah keempat kalinya berturut-turut sejak 2018. Ini merupakan kerja keras seluruh jajaran pemkab dalam menyajikan laporan keuangan. Oleh karenanya, jangan merasa puas diri atas apa yang kita raih, dan kita harus memperbaiki segala kekurangan-kekurangan demi mewujudkan Sergai yang maju terus," pesan bupati yang hadir didampingi Kepala Inspektorat, Dimas Kurnianto, Kepala BPKA M. Zuchri Lubis dan Kadis Kominfo Akmal.

Ia mengatakan, apa yang menjadi masukan dari BPK RI menjadi catatan bagi pemkab Sergai dan jajarannya akan bekerja keras untuk terus memperbaiki dan terus bekerja dengan semangat sehingga peridakat WTP ini dapat terus dipertahankan sekaligus menjadikan Sergai lebih baik lagi.  (Affan)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama