Pemkab Tanah Datar Adakan Shalat Idul Fitri di Lapangan Gumarang


 Rapat persiapan Shalat Idul Fitri yang diadakan Pemkab Tanah Datar. (prokopim)



BATUSANGKAR-Wakil Bupati Richi Aprian yang juga menjabat Ketua Umum Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Tanah Datar bersama pengurus menggelar rapat persiapan pelaksanaan Shalat Idul Fitri.


Rapat dilaksanakan, Senin (12/4/2022) malam di Indojolito Batusangkar. Rapat itu memutuskan pemerintah kabupaten bakal menggelar shalat Idul Fitri di Lapangan Gumarang. 

Menjawab beberapa keinginan beberapa peserta rapat untuk berusaha menggelar shalat Idul Fitri di Lapangan Cindua Mato (LCM) Batusangkar, Wabup Richi Aprian menjelaskan saat ini status LCM masih dibawah pengawasan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR. 

"Lebih tepatnya LCM masih dalam wewenang dan tanggungjawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat, sesuai kunjungan Pak Bupati penyelesaian pembangunan bakal dilaksanakan tahun 2022 ini, dan sampai saat ini belum diserahkan kepada Pemkab Tanah Datar," terangnya yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar. 

Dikatakan wabup, seandainya Shalat Idul Fitri bisa dilaksanakan di LCM daya tampung saat ini juga tidak sebanyak sebelumnya. 

"LCM sudah ada beberapa bangunan tambahan, seperti panggung besar yang memakai lahan cukup luas. Karena itu, melihat kondisi saat ini tentu sangat tepat sekiranya setuju, pelaksanaan shalat Idul Fitri dilaksanakan di lapangan Gumarang Batusangkar," kata Richi. 

Wabup berharap pengurus bersama panitia mempersiapkan segala sesuatu dengan baik melalui kerjasama dan komunikasi yang baik. 

"Alhamdulillah, rapat persiapan bisa dilaksanakan lebih awal agar persiapan bisa lebih matang dan baik. Segala persoalan terkait rencana pelaksanaan shalat segera dicarikan solusi, lakukan persamaan persepsi masjid ataupun mushalla di sekitaran kota Batusangkar, dan juga kesiapan lainnya seperti tempat wudhuk, parkiran, sound system dan lainnya," tukas Richi. 

Sekretaris PHBI Tanah Datar Alinardius selaku moderator rapat menyampaikan, dalam rencana pelaksanaan shalat Idul Fitri di lapangan Gumarang setidaknya membutuhkan komitmen dan dukungan masjid ataupun mushalla di sekitar Batusangkar. 

"Ada tujuh masjid dan 19 mushalla di sekitar Batusangkar, tentu kita harap dukungan dan kerjasamanya kita hanya melaksanakan shalat Idul Fitri di lapangan Gumarang," katanya. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama