Wabup Sergai Terima Kunjungan Tim KPK

 

KPK beri pembinaan dan tindak lanjut korsupgah di Pemkab Sergai



SERDANG BEDAGAI-Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan menerima kunjungan tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka monitoring dan evaluasi aksi pencegahan korupsi terintegrasi di aula Sultan Serdang, komplek kantor bupati, Rabu (6/4/2022).


Wabup Adlin Tambunan menyampaikan selamat datang dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Satgas Koordinasi, Supervisi dan Pecegahan (Korsupgah) KPK RI Wilayah I Sumut, Maruli Tua Manurung yang secara rutin melakukan kerjasama dalam aspek pencegahan korupsi.

Ia berharap, semoga kerjasama ini semakin memperkuat sinergitas dan semangat dalam meningkatkan pengawasan internal pemerintah daerah khususnya dalam rangka perbaikan tata kelola, serta pencegahan korupsi di Kabupaten Sergai.

“Sejak berlangsungnya program aksi pencegahan korupsi yang digagas KPK-RI pada 2018, Pemkab Sergai terus berupaya melaksanakan perencanaan aksi dan monitoring perkembangan dengan melakukan langkah-langkah terukur,” tegas Adlin Tambunan

Ia menyebut, langkah-langkah tersebut antara lain dalam upaya penagihan piutang pajak daerah, percepatan proses sertifikasi terhadap seluruh aset dan penyelesaian sumber masalah, serta mendorong pihak pengembang untuk melakukan serah terima fasilitas umum perumahan yang telah dibangun di wilayah Kabupaten Sergai.

Adlin Tambunan meminta kepada seluruh OPD untuk secara serius menindaklanjuti seluruh rekomendasi yang telah diberikan oleh Satgas Korsupgah KPK RI Wilayah 1 Sumut.

Maruli Tua Manurung menerangkan jika fokus koordinasi Satgas Korsupgah KPK di antaranya yaitu pada bidang perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas APIP, manajemen ASN, optimalisasi pendapatan daerah, manajemen aset daerah dan tata kelola Dana Desa.

“Memperbaiki tata kelola daerah merupakan tantangan. Tapi kami yakin Sergai memiliki OPD yang cakap dan paham aturan serta tata kelola pemerintahan yang baik. Mari saling memperkuat koordinasi dan pengawasan, serta mengingatkan satu dengan yang lain, sehingga tidak terjadi hal-hal yang mengarah ke tindak korupsi,” katanya. (Affan) 



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama