Dilantik Wakil Gubernur, Riza Falepi Jadi Ketua PORBBI Sumbar


Wali Kota Riza Falepi tanda tangani berita acara

BUKITINGGI-Ketua Persatuan Olah Raga Buru Babi Indonesia (PORBBI) Provinsi Sumatera Barat Periode 2022-2027, Riza Falepi bersama pengurus dilantik dan dikukuhkan di Gedung Tri Arga Bukittinggi, Kamis (26/5).

Hadir langsung sekaligus melantik para pecandu berburu itu Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joinaldy beserta Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Provinsi Sumatera Barat Dedy Diantolani.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengatakan Berawal dari tujuan pembangunan olahraga nasional yang berguna untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak mulia, sportifitas,disiplin,mempererat dan membina persatuan dan kesatuan bangsa, memperkukuh ketahanan nasional,serta mengangkat harkat, martabat, dan kehormatan bangsa, Inilah yang menjadi dasar  dalam rangka melestarikan budaya atau adat di Sumatera Barat. 

Wagub lantik pengurus Porbi

"Sejenak kita melihat sejarah berburu babi, Buru babi merupakan Olahraga tradisional, olahraga tradisional ini merupakan permainan asli rakyat sebagai aset budaya bangsa Indonesia yang memiliki unsur olah fisik tradisional dan perlu dilestarikan, karena selain sebagai olahraga hiburan, kesenangan, kemanfaatan, dan kebutuhan interaksi sosial, olahraga ini juga mempunyai potensi untuk meningkatkan kualitas jasmani agar tetap bugar," Terangnya

Sumatera Barat adalah salah satu daerah atau provinsi yang menjadi salah satu cagar budaya dunia karena tradisi khas Minangkabau yang sangat beragam. Salah satu diantaranya yaitu olahraga tradisi baburu kandiak (berburu babi). Berburu babi dapat dikategorikan sebagai bentuk permainan olahraga yang lebih bersifat rekreatif," Jelas Audy

Dilanjutkannya, Pelaksanaan kegiatan berburu babi dilaksanakan pada hari-hari libur ataupun hari-hari tertentu. Perburuan/berburu telah menjadi bagian dari kehidupan budaya pada Masyarakat Minangkabau di Sumatera Barat satu bentuk kebudayaan kolektif masyarakat Minangkabau, aktifitas budaya ini merupakan satu bentuk tradisi yang masih terpelihara dengan baik, karena hingga saat ini bentuk permainan rakyat ini terus diwariskan turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.


Wali kota beri sambutan

Audy menambahkan, Pada waktu yang lalu seluruh penggiat ataupun pecinta olahraga ini telah melakukan Musyawarah Provinsi dalam rangka memilih ketua umum Persatuan Olahraga Buru Babi yang disingkat (PORBBI). Dan Riza Falepi yang telah terpilih menjadi Ketua Umum PORBBI Sumatera Barat. 

"Semoga pengurus PORBBI Sumatera Barat  yang dilantik dan dikukuhkan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya," Ujar Audy

Ditambahkannya, PORBBI ini akan mengadakan iven "Alek Gadang" untuk tingkat Sumatra, dan berharap di bawah kepemimpinan Riza bisa lebih maju di masa yang akan datang. 

"Saya yakin dengan Ketuanya Riza Falepi, bisa membawa PORBBI sebagai olah raga yang mampu meningkatkan pariwisata dan perekonomian Bagi masyarakat. Semoga PORBBI kedepan berjaya selama kepemimpinan ketua baru," harap Audy.

Sementara itu, Riza Falepi mengatakan PORBBI merupakan olahraga yang diminati oleh kaum laki-laki. Selain bermanfaat untuk menjaga pertanian dari hama babi dan lainnya, semarak alek baburu juga memberikan dampak kepada pariwisata dan UMKM di daerah.

"Insya Allah amanah ini akan kami jalankan sebaik mungkin, demi kemajuan PORBBI dan pariwisata Sumatera Barat kedepannya," kata yang juga merupakan Wali Kota Payakumbuh itu.

Wagub dan Wali Kota Riza Falepi berikan keterangan pers

Dalam pelantikan itu juga hadir Anggota DPRD kota Payakumbuh Mustafa beserta tamu dan undangan dari seluruh pemko dan pemkab se Sumatera Barat. (AA) 


#liputankhususbagianprotokolerkotapayakumbuh


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama