Gubernur Jadi Khatib Idul Fitri, Mari Bangkit dari Keterpurukan

 Jemaah Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sumbar


PADANG-Tingkatkan keimanan, perkuat toleransi dan optimis berikhtiar bangkit dari keterpurukan menjadi tiga pesan utama. 

Hal itu merupakan pesan yang disampaikan Gubernur Mahyeldi saat menjadi khatib Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sumatera Barat, Senin (2/5/2022).

Ketiga hal tersebut, menurut Mahyeldi, merupakan hikmah terbesar yang diraih setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan suci Ramadan.

"Beribadah selama Ramadan, kita menguatkan keimanan dan ini harus dipertahankan di sebelas bulan berikut. Ramadan juga menghadirkan semangat toleransi. Meskipun berbeda awal Ramadan, berbeda rakaat tarawih, tak membuat umat berpecah belah," ujar Mahyeldi.

Gubernur menjelaskan, toleransi telah dibuktikan dengan keberadaan NKRI hingga saat ini meskipun beragam suku dan bahasa.  "Indonesia telah menunjukkan pada dunia bagaimana cara bertoleransi dengan baik. Sebagian besar pendiri bangsa ini adalah berdarah Minangkabau. Maka orang Minangkabau haruslah menjadi yang terdepan dan berkontribusi dalam merawat kebhinekaan dan semangat toleransi di NKRI," sambung gubernur.

Gubernur  mengajak masyarakat di hari yang fitri ini untuk saling memaafkan dan tidak berpecah belah karena berbagai isu agama maupun intoleran yang sengaja dilakukan pihak-pihak tertentu yang ingin memecah belah umat.

Gubernur mengajak untuk selalu optimis dan penuh semangat berikhtiar bangkit dari keterpurukan. Puasa mengajarkan betapa di awal puasa ada keraguan seolah tak kuat berpuasa hingga sore, namun ternyata lambat laun kita bahkan bisa melaluinya sebulan penuh.

Sebelum pelaksanaan shalat, Wakil Gubernur Audy Joinaldy, atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri. Ia juga mengapresiasi TNI, polri, instansi terkait dan masyarakat secara umum yang telah berperan aktif menciptakan suasana kondusif selama bulan suci Ramadan.

Ketua PHBI Sumbar sekaligus Sekretaris Daerah Hansastri mengingatkan para pemudik dan wisatawan yang berkunjung ke Sumbar untuk memanfaatkan info layanan mudik lebaran dan hotline pengaduan yang telah diumumkan di media dan di berbagai lokasi strategis.(Dinas Kominfotik Sumbar)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama