Gubernur Pamer Surplus Pangan Sumbar ke Gebu Minang


 Gubernur beri sambutan saat jamuan makan malam dengan pengurus Gebu Minang



PADANG-Perekonomian Sumatera Barat ditopang 600 ribu UMKM. Gubernur Mahlyeldi berharap para peserta Gebu Minang turut berkontribusi dalam kerjasama UMKM dengan provinsi lain. 


Hal tersebut disampaikan Mahyeldi, saat menjamu makan malam peserta Munas Gebu Minang di auditorium gubernuran, Padang, Jumat (27/5/2022). Gubernur mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyiapkan kelembagaan, berupa koperasi yang akan mewadahi kerjasama UMKM antara Riau dan Sumbar dalam hal supply ketersediaan pangan.

“Pasokan ketersediaan produksi pertanian kita pada 2021 mengalami surplus hingga 600 ribu ton. Jadi kita harus mensuplai juga ke provinsi lainnya, salah satunya Riau,” paparnya.

Gubernur juga menceritakan, pemprov beberapa waktu lalu berdiskusi dengan pemerintah Yordania dalam rangka membahas kerjasama percepatan kerjasama bilateral Kerajaan Hashemite Yordania dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, salah satu isi dari kerjasama itu adalah terkait ekspor bahan-bahan kebutuhan dasar pertanian seperti beras, sayur-sayuran dan produk pertanian lainnya.

“Kita harapkan dengan berkembangnya Gebu Minang di seluruh provinsi, sinergi tanah rantau kita akan lebih kuat kedepan sehingga perekonomian UMKM Sumbar bisa diterima baik di pasar nasional maupun di pasar internasional,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Gebu Minang Marwan Paris berharap, Gebu Minang sebagai organisasi Minangkabau dan payung panji  dapat fokus terhadap perekonomian orang Minang, baik yang ada di Sumbar maupun tanah rantau. Marwan menyampaikan terima kasih dari ketua umum terpilih kepada semua peserta munas, khususnya atas kepercayaan yang diberikan.

“Ketua terpilih, Oesman Sapta Odang (OSO) menyampaikan terima kasih pada semua peserta munas dan beliau bertekad akan memberi perhatian khusus serta akan fokus agar Gebu Minang lebih eksis ke depannya,” ujar Marwan Paris. (dinas kominfotik sumbar)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama