Masyarakat Paninjauan Minta Wali Nagari Letakkan Jabatan

 Wali Nagari diwawancarai media saat keluar dari kantornya



SOLOK-Masyarakat Nagari Peninjauan, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok mendatangi kantor wali nagari setempat. Warga melakukan unjuk rasa dan menuntut Wali Nagari Darsel Ilyas turun dari jabatannya, Selasa (24/5/2022).


Wali Nagari Darsel Ilyas dituntut turun dari jabatannya karena diduga memiliki hubungan spesial dan diduga melebihi batas dengan keponakannya sendiri. 

Masyarakat marah kerena perbuatan tersebut dan meminta Wali Nagari Darsel Ilyas tidak menginjakan kaki lagi di kantor wali nagari tersebut. 

Kepala BPN (Badan Permusyawaratan Nagari) Paninjauan, Zanibar mengatakan, kejadian tersebut diketahui bahkan sejak 2019. Wanita yang merupakan keponakan wali nagari, menurutnya, berstatus janda beranak tiga. 

Zanibar menjelaskan, pihak BPN bersama KAN, ninik mamak serta masyarakat sudah menyurati Pemerintah Kabupaten Solok, dalam hal ini bupati kurang lebih dua bulan lalu. Namun, menurutnya pemerintah kabupaten belum memberikan respon.

Wali Nagari Darsel Ilyas saat keluar dari kantor dengan dikawal anggota Polres Solok Kota mengakui tudingan masyarakat atas perbuatan yang telah dilakukannya.

Bahkan, kata Darsel, dirinya telah mengajukan surat pengunduran diri sejak Januari lalu yang dilayangkan kepada Pemerintah Kabupaten Solok, akan tetapi, memang belum ada tindakan lebih lanjut hingga saat ini. 

Kapolres Solok Kota, AKBP Ferry Suwandi didampingi para pejabat utama polres, kasat dan jajarannya mengimbau masyarakat untuk tidak berbuat anarkis serta tidak melakukan hal-hal yang justru bisa menjerat diri dengan masalah hukum.

"Mari kita jaga situasi di nagari kita ini agar tetap kondusif, sembari menunggu tindaklanjut terkait permasalahan yang merupakan kewenangan Pemerintah Daerah, " sebut AKBP Ferry.

Diterangkan kapolres, untuk pengamanan dan pengawalan, pihaknya menerjunkan 100 personel.  (SIS) 


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama