Paulus Waterpauw Dilantik, Situasi di Papua Barat Terkendali

 Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw 



MANOKWARI-Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP), Paulus Waterpauw dilantik sebagai Penjabat Gubernur Papua Barat. Pelantikan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Jakarta, Kamis (12/5/2022).


Sementara itu, situasi di Manokwari, ibukota Papua Barat menjelang hingga usia pelantikan, aman dan terkendali. Ratusan aparat gabungan TNI dan polri disiagakan guna mengantisipasi aksi-aksi penolakan pelantikan penjabat gubernur tersebut.

Mendagri Tito Karnavian berpesan kepada penjabat gubernur yang yang dilantik, termasuk PJ Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw; pertama menjaga stabilitas politik dan keamanan daerah.

Penjabat gubernur adalah perwakilan pemerintah pusat di daerah, karena itu jaga stabilitas politik serta keamanan daerah sehingga program pembangunan berjalan dengan baik.

“Bangun komunikasi secara baik dengan forum komunikasi pimpinan daerah atau forkompinda baik TNI, polri serta kepala daerah,” pesan Tito pada pelantikan yang disiarkan langsung melalui akun YouTube Kemendagri.

Ia berpesan pula agar Penjabat Gubernur Papua Barat memperhatikan program-program yang menjadi atensi pemerintah secara nasional di daerah. Terutama penanganan pandemi Covid-19 yang belum berakhir serta percepatan pemulihan ekonomi daerah.

Selain itu, mempercepat realisasi belanja APBD dengan melibatkan sektor swasta dan UMKM guna pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

“Perhatikan pula program strategi nasional baik pendidikan, kesehatan, serta infrastruktur jalan dan jembatan. Penjabat gubernur jangan hanya duduk di kantor tetapi turun ke masyarakat untuk melihat permasalahan yang dihadapi masyarakat,” tambah dia. (farid)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama