Pemkab Sergai Luncurkan Inovasi Kepiting 3M

 Sekdakab luncurkan inovasi Diskanla Pemkab Sergai 


SEI RAMPAH-Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya melalui Sekretaris Daerah Kabupaten M. Faisal Hasrimy luncurkan inovasi Kepiting  3M dari Dinas Perikanan dan Kelautan di lapangan apel, komplek kantor bupati, Sei Rampah, Jumat (20/5/2022).


Membacakan sambutan tertulis Bupati Dharma Wijaya, sekdakab mengatakan, Presiden Joko Widodo pernah mengeluhkan kelalaian sebagai bangsa maritim. Meskipun begitu, kebijakan pembangunan bangsa masih terkesan memunggungi lautan.

“Kelalaian ini tentu tidak bisa terus menerus dibiarkan. Maka pemerintah perlahan-lahan mengubah haluan tersebut dengan menjadikan lautan sebagai sumber pangan dambaan masa depan, melalui berbagai program ekonomi biru yang digagas Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tuturnya.

Guna memaksimalkan potensi dua pertiga wilayah Indonesia yang merupakan perairan, sebutnya, perlu inovasi yang melibatkan banyak pihak. Salah satu pihak tersebut, kata Faisal, adalah pemerintah daerah yang memiliki wilayah perairan atau pantai maupun alur laut dan Sergai termasuk salah satunya, dengan panjang garis pantai sekitar 55 kilometer dan terbagi ke dalam lima kecamatan.

“Potensi ekonomi wilayah pesisir tentu tidak hanya berbasis lautan. Terlebih pembagian otonomi terbaru, lautan menjadi wilayah kuasa pemerintah provinsi. Artinya, Pemkab Sergai bertanggung jawab mengelola potensi ekonomi mulai dari titik surut pasang air laut dan mengembangkan potensi budidaya perikanan darat, termasuk pengembangan sumber daya manusia masyarakat pesisir dan para pembudidaya,” jelasnya.

Tanggung jawab tersebut di atas, membuat pimpinan daerah Tanah Bertuah Negeri Beradat, sangat mendukung pola-pola pemberdayaan masyarakat pesisir dan potensi ekonomi bidang perikanan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Diskanla Kabupaten Sergai.

“Saya tidak ingin kita menjadi bagian dari orang-orang yang memunggungi lautan sebagaimana pernah dikeluhkan oleh Bapak Presiden yang kita cintai,” ucapnya lagi.

Dikatakan Faisal Hasrimy, inovasi dari Diskanla Sergai bertajuk Kepiting 3M merupakan upaya nyata perwujudan visi Sapta Dambaan, terutama pada poin ekonomi berdaya saing.

Ia menjelaskan Kepiting 3M ini adalah singkatan dari kendaraan pelayanan perikanan terpadu keliling, mempromosikan, menjemput dan mengantarkan.

“Saya berharap tercipta efisiensi anggaran distribusi bantuan dikarenakan bantuan dapat diantarkan kendaraan pelayanan perikanan keliling,” tandasnya.

Kepala Diskanla Sergai Klaudia Evinta Siregar melaporkan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kepala BKN Bima H. Wibisana yang menyebut dinamika yang ada di birokrasi saat ini menuntut para ASN untuk mampu lebih adaptif dan inovatif.

Sesuai dengan nama inovasi kepiting 3M, Klaudia mengatakan, mempromosikan, menjemput, dan menghantarkan merupakan tiga kata kerja yang mewakili keseluruhan kinerja dan pengabdian DKP, kepada masyarakat.

Dirinya melanjutkan, pelaksana operasioanl mobil 3M merupakan seluruh anggota bidang kerja Diskanla Sergai. “Mobil ini akan berkeliling di Sergai dan lokasi luar daerah, tergantung pada undangan keikutsertaan pada event sehubungan promosi perikanan dan perairan. Apabila kegiatan inovasi kami nantinya bisa bernilai guna mewujudkan Sergai yang maju terus. Kami mohonkan dukungan penuh dari Bapak Bupati dan Wakil Bupati sehingga fisik kendaraan dan mutu layanan bisa ditingkatkan,” lapornya.

Bupati Darma Wijaya menyempatkan hadir menyaksikan launching inovasi ini meski hanya di akhir acara. Hal ini karena sebelum giat ini berlangsung, bupati masih menghadiri agenda acara yang lainnya. (affan)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama