TP-PKK Sumatera Utara Supervisi Desa dan Kelurahan di Asahan

Penyerahan cendera mata pada PKK Sumut


ASAHAN-Bupati Asahan, H. Surya sambut kunjungan TP-PKK Sumatera Utara dalam rangka supervisi desa dan kelurahan pelaksanaan lomba hari kesatuan gerak PKK di pendopo rumah dinas, Selasa (24/5/2022).


Kunjungan PKK provinsi itu dipimpin Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga, Sri Ayu Mihari Musa Rajeksah, Sekretaris I, Penanggung Jawab Pokja PKK dari Pokja 1 hingga Pokja 4, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumatera Utara, serta Perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi. 

Bupati Surya mengatakan, kehadiran tim supervisi ke Asahan dapat memotivasi dan meningkatkan semangat untuk membangun desa demi keberhasilan mewujudkan visi pemerintah kabupaten, yaitu mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter. 

Bupati berharap kepada TP PKK di setiap tingkatan dapat mengembangkan peran dan fungsi kelompok PKK Dusun dan kelompok dasawisma, karema di kelompok inilah sesungguhnya terletak keberhasilan gerakan PKK. "Mereka berada pada didepan yang berhadapan langsung dengan keluarga-keluarga yang menjadi sasaran binaan," ujar bupati.

Bupati menyampaikan, dalam rangka percepatan pembangunan perdesaan dan kelurahan serta penguatan pemerintah desa, baik dalam bidang infrastruktur, peningkatan ekonomi masyarakat, pembangunan sosial kemasyarakatan dan untuk pembinaan dan pembentukan lembaga PKK desa, PKK dusun dan lingkungan serta kelompok dasawisma, maupun dalam peningkatan iman dan takwa, pemerintah kabupaten setiap tahunnya telah memberikan Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), bagi hasil pajak untuk 177 desa, kemudian keuangan Kelurahan untuk 27 kelurahan.

Sri Ayu Mihari Musa Rajeksah menyampaikan, supervisi yang dilakukan ini meliputi bidang kelembagaan, bidang administrasi, dan bidang kelompok kerja yang mengelola 10 program pokok PKK dan berbagai perubahan program kerja yang menyesuaikan dengan kondisi yang berkembang, serta terkait berbagai jenis lomba dalam rangka kesatuan hari gerak PKK. 

Sri mengimbau agar sistem koordinasi dan konsultasi harus tetap terlaksana dengan baik dan berlanjut agar anggaran dan program kerja PKK dapat berlanjut dan berjalan dengan baik, yang bertujuan untuk menciptakan jaringan kemitraan yang luas kepada mitra PKK yang bersifat tidak mengikat.

Ketua TP PKK Desa yang mengikuti lomba menyerahkan buku ekspos kepada Ketua Bidang Pembinaan Karakter Keluarga (PKK) Sumatera Utara yang disaksikan bupati, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, OPD, camat, Ketua TP-PKK Asahan beserta pengurus dan Ketua TP-PKK kecamatan. (YG)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama