KNPI Tanah Datar Siap Kritik Pemerintah Daerah


Bupati Eka Putra foto bersama dengan jajaran pengurus KNPI. (prokopim)



BATUSANGKAR-Momentum pelantikan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tanah Datar menjadi sebuah wahana kontemplasi atau intropeksi kepemudaan dalam menantang dan menaklukkan arus perubahan. 


Hal itu disampaikan Bupati Eka Putra dalam sambutannya pada pengukuhan dan rapat kerja Daerah KNPI Tanah Datar, Minggu (19/6/2022) di Gazebo Indojolito Batusangkar. 

"Dalam momentum ini yang tidak kalah penting dan perlu disoroti KNPI adalah pola hubungan dengan pemerintah daerah, organisasi lain ataupun dengan masyarakat. Bagaimana peran nyata dalam pembangunan di Tanah Datar termasuk jiwa kritisnya terus dipupuk, namun tentunya menyampaikan kritik haruslah berpedoman kepada etika yang patut," kata  Eka yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

 Eka berharap, ada beberapa hal menjadi perhatian utama ke depan untuk dilaksanakan DPD KNPI Tanah Datar. "Diharapkan pengurus mengembangkan organisasi kepemudaan secara profesional sebagai organisasi yang egaliter atau sederajat bukan organisasi elit maupun eksklusif," katanya.

Dikatakan Eka, dalam rakerda yang dilaksanakan selepas pelantikan ini diharapkan juga KNPI merumuskan program-program kerja yang menyentuh langsung kepentingan dan peran serta pemuda dan masyarakat Tanah Datar. 

"Sinergikan program-program KNPI dengan program pembangunan pemerintah daerah dalam rangka pengaktualisasian peran pemuda dalam pembangunan di Tanah Datar serta turut menyukseskan pelaksanaan pemilu dan pilkada serentak di Tanah Datar dengan menciptakan suasana aman dan kondusif," sampainya.

Ketua DPD KNPI Tanah Datar yang baru, Bayu menyampaikan, pelantikan hari itu merupakan pelantikan yang tertunda, karena masa jabatan periode ini adalah 2021 - 2024. 

"Sebenarnya surat keputusan dari DPD KNPI Sumbar sudah diterbitkan tertanggal 18 Oktober 2021, karena sesuatu lain hal baru bisa dilantik hari ini. Alhamdulillah, semua berjalan aman dan lancar, terima kasih atas dukungan Pak Bupati dan pihak lainnya," kata Bayu. 

Bayu menegaskan, DPD KNPI Tanah Datar akan berjalan sebagai mitra kerja pemerintah daerah dan mendukung pelaksanaan Program Unggulan Tanah Datar.  "Kami akan sejalan dengan pemerintah daerah, namun ketika ada hal yang harus dikritik dan saran. Insya Allah akan kami sampaikan langsung kepada pemerintah daerah atau pak Bupati, bukan melalui Media Sosial," katanya. 

Ketua DPD KNPI Sumbar Nanda Satria menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bupati Tanah Datar dalam kegiatan pelantikan. 

"Kehadiran Pak Bupati sebagai bukti komitmen dan dukungannya terhadap keberadaan organisasi kepemudaan seperti KNPI ini di Tanah Datar," katanya. 

Dikatakan Nanda, di samping menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus dilantik, pihaknya siap bekerjasama dan bersinergi untuk turut memajukan Tanah Datar. 

"Kita tidak berdiri sendiri, bersama pemerintah dan juga ormas lainnya, mari kita bekerjasama dan bersinergi membangun Tanah Datar ke depan," sampainya. 

Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra juga menyampaikan ucapan selamat atas pelantikan pengurus DPD KNPI.  "Selamat atas pelantikan pengurus, dan kalau melihat susunan pengurus, saya yakin bahwa KNPI Tanah Datar tidak didominasi satu partai politik, namun dalamnya hampir semua warna ada, ini menandakan KNPI bukan kendaraan satu partai politik, namun milik semua," katanya. 

Kemudian Anton yang juga pernah memimpin KNPI Tanah Datar sebelum menjadi anggota dan bahkan ketua DPRD, sepakat dan juga mendukung KNPI Tanah Datar sejalan dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.  (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama