Pemkab Labuhanbatu Dukung Revitalisasi Bahasa Daerah

 Bupati Labuhanbatu berikan cenderamata pada Kepala Balai Bahasa Sumut


LABUHANBATU- Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga dan Wakil Bupati Hj. Ellya Rosa Siregar ikuti rapat koordinasi antarinstansi revitalisasi bahasa daerah Sumatera Utara di Medan, Kamis (30/6/2022).

 

Gubernur Sumatera Utara,  Edy Rahmayadi melalui Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan, Lasro Marbun mengatakan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim meluncurkan program revitalisasi bahasa daerah berbasis sekolah dan komunitas. “Artinya, kalau tidak digunakan ya otomatis akan hilang di generasi berikutnya,” katanya. 

 Bupati Erik Adtrada Ritonga menyebutkan, di Labuhanbatu ada beberapa bahasa daerah yang sering digunakan masyarakat, bahasa Pane, Bahasa Kampung, Bahasa Batak dan lain lain. Bupati menerangkan bahasa daerah ini bisa menjadi mempererat silaturahmi dan mempersatukan bangsa dalam kebhinekaan Indonesia.

Nupati menjelaskan revitalisasi bahasa adalah pengulangan kembali bahasa daerah. "Revitalisasi bahasa adalah pengulangan kembali atau penghidupan kembali bahasa daerah," katanya.

Pembukaan kegiatan itu ditandai dengan pemukulan gong oleh kadis pendidikan provinsi dan dilanjutkan dengan penandatanganan MoU serta pemberian tanjak oleh Bupati Erik Adtrada Ritonga kepada Kepala Balai Bahasa Sumatera Utara, Hidayat Widiyanto. (A.pohan)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama