Pemkab Labusel Segera Percepat Realisasi APBD, Pembangunan akan Dikebut


Bupati Labuhanbatu Selatan ikuti rakor percepatan realisasi APBD


LABUHANBATU SELATAN-Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin ikuti rapat koordinasi percepatan realisasi APBD kabupaten/kota se-Sumatera Utara di Ballroom Santika Premiere Dyandra Hotel, Medan, Selasa (31/5/2022).


Rapat koordinasi yang dipimpin Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi itu diikuti Wakil Gubernur Musa Rajekshah, Pangdam I/BB, Kapolda, Kajati, dan lainnya.

Rangkaian kegiatan tersebut diisi dengan diskusi dan penyampaian strategi penyerapan anggaran dengan narasumber Gubernur Edy Rahmayadi, Kapolda Irjen R.Z Panca Putra, Kepala Kejaksaan Tinggi Idianto, Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumut Eydu Oktain Panjaitan, dan Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Kwinhatmaka.

Dalam rapat tersebut hadir Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin. Selaku ketua panitia dia menyampaikan, pertemuan ini menjadi wahana sebagai peningkatan pengetahuan dengan tujuan memperlancar proses pelancaran percepatan realisasi APBD Sumatera Utara dengan harapan pelaksanaan tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran sesuai dengan pagu yang telah ditetapkan.

Pangdam mengatakan, pertemuan itu dilandasi dengan ketulusan, kemudian dapat saling tukar informasi guna mengatasi kendala yang ada di lapangan.

Gubernur Edy Rahmayadi akan mendorong laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) seluruh kabupaten/kota di Sumut 2022 meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Menurutnya, dengan meraih WTP berarti para pemegang kebijakan dapat mempertanggungjawabkan penggunaan anggarannya," ucap Edy.

Edy mengatakan pada 2021, pemda yang meraih opini WTP 26, termasuk Pemprov Sumut. Masih ada delapan pemda yang menerima opini wajar dengan pendapat (WDP) dari BPK. 

Edy memaparkan, pemda yang meraih opini WTP dari BPK terus meningkat. Pada 2017 ada 14 pemda meraih WTP, 17 pemda WDP dan tiga menerima opini tidak memberikan pendapat (TMP). Pada 2018 meningkat menjadi 18 pemda WTP, 13 WDP dan tiga TMP. Pada 2019 menjadi 21 pemda WTP dan 31 WDP. Pada 2020 kembali meningkat menjadi 24 WTP dan 10 WDP.

Kapolda Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak  mengapresiasi atas opini WTP yang diterima Pemprov Sumut dari BPK. Menurut Panca, agar seluruh kabupaten/kota ke depan meraih opini WTP diperlukan komitmen bersama. Jika tidak ada komitmen, maka tujuan tersebut tidak akan tercapai. “Dibutuhkan keseriusan kita, kalau tidak, tidak pernah dapat,” ucap Panca. 

Bupati Labuhanbatu Selatan H. Edimin menyatakan akan mempercepat realisasi APBD dengan mengebut pelaksanaan pembangunan infrastruktur. "APBD merupakan jalan bagi pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat," katanya. (A. Pohan)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama