Puncak Macau, Destinasi Eksotis di Tanah Datar

 Indahnya pemandangan di Puncak Macau, Malalo. (prokopim)


BATUSANGKAR-Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus promosikan destinasi wisata untuk menarik kunjungan wisatawan dengan menggelar Event 3rd atau dengan bahasa lain Event Paralayang Nasional di Puncak Macau Malalo, Nagari Guguak Malalo, Kecamatan Batipuh Selatan.


“Insya Allah pada 1-3 Juli mendatang kita akan menggelar event paragliding Trip Of Indonesia (TROI) yang akan diikuti 300 atlet paralayang nasional di Puncak Macau ini,“ kata Bupati Eka Putra saat meninjau kesiapan event paralayang, Rabu (8/6/2022). 

Turut mendampingi bupati, anggota DPRD Tanah Datar Herman Sugiarto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Agung , Camat Batipuh Selatan Beni, perangkat nagari Guguak Malalo dan masyarakat.

Bupati Eka putra menyebutkan, Puncak Macau merupakan sebuah bukit yang sangat indah dan sangat sejuk, dan sangat cocok untuk para pecinta alam.

“Puncak Macau merupakan sebuah tempat yang sangat bagus untuk dikunjungi terutama bagi orang-orang pencinta alam, karena dari sini kita bisa langsung melihat luasnya Danau Singkarak. Tempat ini juga menjadi lokasi take-off bagi para atlet paralayang karena lokasinya yang strategis, arah angin dan kekuatan anginnya juga stabil, sementara lokasi landing berada di lapangan bola dusun Talago Lintah,” kata bupati yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar. 

Eka Putra mengajak para pecinta wisata alam untuk datang menikmati puncak Macau karena memiliki suasana alam yang masih asri dan dari atas puncak, setiap pengunjung dapat menikmati keindahan Danau Singkarak.

Anggota DPRD Tanah Datar Herman Sugiarto, menambahkan sudah banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Puncak Macau ini, karena lokasinya mudah dijangkau. Untuk sampai ke puncak pengunjung bisa menggunakan kendaraan bermotor atau mobil menyusur jalan sepanjang tepi Danau Singkarak melewati Nagari Sumpur dan sesudahnya tibalah di Nagari Guguak Malalo. Tidak butuh waktu lama untuk sampai ke Puncak Macau hanya satu kilometer dari jalan utama Malalo menuju Solok, baik juga bagi wisatawan yang suka tracking.

“Dengan adanya event paralayang nasional nantinya, Kami harapkan kedepannya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Nagari Guguak Malalo,” harapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Tanah Datar Agung mengatakan kedepannya Puncak Macau akan masuk ke dalam daftar tujuan paket tour wisata untuk menarik lebih banyak lagi kunjungan wisata ke Tanah Datar.

“Destinasi ini memang terbilang baru, dengan memasukannya ke dalam paket tour wisata, kita optimis kunjungan wisata ke Tanah Datar dapat meningkat. Guna menumbuhkan ekonomi masyarakat, kedepan kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menyediakan homestay di sekitar objek wisata ini,” ujar Agung.  (*)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama