1.500 Warga Hadiri Silaturahmi IKLB Jabodetabek

 Bupati foto bersama dengan perantau. (prokopim)



JAKARTA-Dalam memajukan Tanah Datar, pemerintah daerah terus berupaya menggali potensi yang ada seperti pertanian, peternakan, pariwisata maupun perkebunan. 


“Di samping program unggulan yang sudah direalisasikan saat ini seperti progul bajak gratis bagi petani, satu nagari satu event, satu rumah satu hafiz/hafizah, subsidi pupuk, ansuransi ternak, ansuransi tani, progul makan randang atau progul membasmi rentenir di Tanah Datar, progul dibidang pelayanan juga digelar event-event besar guna membangkitkan wisata daerah pasca pandemi Covid-19,” ucap Bupati Eka Putra yang dikutip dari Prokopim Setda Tanah Datar.

Ditambahkan Eka Putra, saat ini juga dilakukan upaya peningkatan biaya operasional KAN, LKAAM, bundo kanduang dan organisasi keagamaan, membangun 100 jaringan seluler, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas ASN dan non ASN serta melakukan perbaikan jaringan irigasi. 

Hal itu dikatakan Eka Putra saat menghadiri ailaturrahmi akbar Ikatan Keluarga Lintau Buo (IKLB) Jabodetabek dengan mengajak para wali nagari, camat dan OPD terkait di aula kantor Wali Kota Jakarta Timur, Minggu (3/7/2022).

Dikatakan Eka Putra, dengan mengajak para wali nagari, camat dan beberapa OPD ini, ia berharap dapat langsung berkomunikasi dengan perantau dan tokoh-tokoh perantau terkait permasalahan yang ada dan mencarikan solusinya, selain itu pemerintah daerah juga akan lebih mudah dan cepat mengambil kebijakan. 

Eka Putra juga menyebut geliatkan wisata daerah berbagai event terus digelar seperti saat ini sedang dilaksanakan di Tanah Datar Event Paralayang Trip of Indonesia (TROI) seri III di puncak makau Batipuh Selatan yang diikuti hampir 300 peserta dari seluruh Indonesia. 

Terkait silaturrahim akbar IKLB yang dihadiri hampir 1.500 orang dan pertama dilaksanakan pasca pandemi Covid-19 ini, sudah menandakan pemulihan ekonomi yang semakin membaik. ”Melalui silaturrahmi ini kami mengajak para perantau membangun kampung halaman, jangan lupa dengan kampung mari secara bersama-sama membangun kampung, peran perantau sangat penting bagi kita di Tanah Datar,“ ujarnya. 

Wali Kota Jakarta Timur M.Anwar menyambut baik silaturrahmi akbar IKLB tersebut dan berharap akan selalu terjaga kekompakan antara sesama perantau, saudara di kampung halaman, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar maupun dengan pemerintah dan masyarakat Jakarta Timur. 

Terkait pembangunan wilayah, dikatakan M.Anwar, sejalan dengan Pemprov DKI saat ini masih fokus dengan penanganan pandemi Covid-19 walau sudah melandai namun pemerintah tidak abai dan masih terus mengantisipasi dampak buruk akibat pandemi tersebut. Selain itu dikatakan M. Anwar pemerintah kota juga fokus dengan program penanganan masalah banjir dan pemulihan ekonomi masyarakat kota. 

Upaya pemulihan ekonomi pemerintah kota menggandeng pengusaha dengan menyediakan lebih dari 300 gerobak yang diberikan pada pelaku usaha atau UMKM dan juga fasilitas berjualan seperti tempatnya, jadi bagaimana menggerakkan ekonomi berjalan tanpa APBD. 

Ketua Harian IKLB Rosi Syofyan mengatakan, IKLB Jabodetabek ini beranggotakan warga perantauan dari dua kecamatan, yaitu Lintau Buo dan Lintau Buo Utara dengan tujuan ikatan kekeluargaan ini dulunya didirikan adalah untuk meningkatkan tali silaturahmi sesama perantau lintau di Jabodetabek. 

“Ikatan kekeluargaan ini juga membantu dan memfasilitasi berbagai program sosial di kampung halaman antara lain peningkatan hasil pertanian, pemberantasan narkoba, mendorong peningkatan kualitas pendidikan melalui program bimbingan belajar dan program lainya,” ucap Rosi. (*) 


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama