Baru 21,66 Persen Pemilik Kendaraan di Lhokseumawe Bayar Pajak


 Petugas di Samsat yang siap melayani warga. (MC pemprov)


LHOKSEUMAWE-Jumlah kendaraan yang dimiliki masyarakat di Lhokseumawe Aceh saat ini mencapai 132.680 unit. Namun, dari jumlah tersebut yang baru membayar pajak 28.739 unit atau sekitar 21,66 persen.


Pelaksana Harian Kepala BPKA Ramzi, melalui Kepala Bidang Pendapatan Saumi Elfiza, yang diwakili Kepala UPTD Wilayah V, Chaidir menyampaikan, hingga awal Juli 2022, tren pembayaran pajak kendaraan di Samsat Lhokseumawe terus meningkat.

"Itu menunjukkan masyarakat kita semakin memahami cara membayar pajak kendaraan bermotor yang semakin mudah dan variatif," ucap Chaidir, Senin (25/7/2022) yang dikutip dari laman resmi pemprov.

Namun, jumlah kendaraan di Kota Lhokseumawe yang dikenal sebagai daerah petro dollar belum menunjukkan dominasi banyaknya kendaraan yang ada di kota tersebut akan sadar untuk membayar pajak kendaraannya.

Ia mengatakan, untuk meningkatkan penerimaan dan partisipasi pembayaran pajak, Samsat Lhokseumawe, kini terus melakukan jemput pajak ke kantor instansi Pemerintahan Kota Lhokseumawe, kantor perusahaan dan ke rumah-rumah warga yang menunggak pajak kendaraan bermotor.

"Kegiatan penagihan door to door oleh tim penagihan Samsat Lhokseumawe bertujuan untuk melakukan edukasi dan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk taat dalam membayar pajak kendaraan bermotor," katanya.

Disebutkan, dalam kegiatan penagihan tim menyerahkan dokumen SPSOPKB (Surat Pemberitahuan Pendataan Subjek dan Objek Pajak Kendaraan Bermotor) kepada masyarakat yang menunggak pajak kendaraannya.

“Dalam pelaksanaan kegiatan penagihan, Samsat Lhokseumawe berpedoman kepada Peraturan Gubernur Aceh No.12 tahun 2018 tentang petunjuk pelaksanaan penagihan pajak Aceh. Saya mengharapkan masyarakat dapat disiplin membayar pajak kendaraan bermotor yang menunggak,” harap Chaidir.

Chaidir menambahkan, Samsat Lhokseumawe terus berupaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membayar pajak kendaraan. Upaya yang telah dilakukan oleh Samsat Lhokseumawe, selain meningkatkan pelayanan pada loket layanan Samsat, juga hadir ditengah-tengah masyarakat dengan program Samsat Saweu SKPK, Saweu Kantor Camat, Saweu Kantor Gampong, Saweu Kampus, Saweu Sikula dan Saweu Keude Kopi. (*)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama