Cegah Narkoba, Tingkatkan Kepedulian


Penerima penghargaan foto bersama


KOTA SOLOK-Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar imbau masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan karena bahaya dan ancaman narkotika sewaktu-waktu sampai di lingkungan dan keluarga masing-masing.

Demikian dikatakan wali kota melalui Kepala Kantor Kesbangpol Hendrizal saat hadiri puncak peringatan Hari Anti Narkotika International (HANI) yang digelar Badan Narkotika Nasional Kabupaten Solok (BNNK), Rabu (13/7/2022) di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Solok.

Menuut wali kota, Indonesia sebagai negara kesatuan yang menganut azas desentralisasi, dalam penyelenggaraan pemerintahan memberikan kesempatan dan keleluasaan kepada daerah untuk menyelenggarakan otonomi daerah. Pemerintah daerah memiliki peran penting, dan strategis dalam mengatasi masalah penyalahgunaan narkotika dan sebagai fasilitator antar pemangku kepentingan.

Penangganan masalah narkotika dapat diarahkan pada upaya peningkatan kemampuan, antisipasi, adaptasi dan mitigasi terhadap ancaman narkotika yang dapat diintegrasikan dengan agenda perwujudan kota yang berkelanjutan sesuai dengan visi nasional, pembangunan kota berkelanjutan dan berdaya saing pada 2025.

"Upaya mewujudkan kondisi atau status kota yang tanggap terhadap berbagai potensi ancaman penyalahgunaan narkotika dapat menjadi salah satu dimensi yang relevan dalam pembangunan kedepan, dengan ruang lingkup tanggap ancaman narkotika yang mencakup aspek manusia, infrastruktur, managemen, kelembagaan dan kebijakan daerah yang secara keseluruhan merupakan bagian inti atau substansi dari arah pembangunan," ujarnya.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 2/2020 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN tahun 2020-2024 guna menjawab tantangan terhadap penyalahgunaan narkotika, melalui aksi yang terintegrasi keseluruhan instansi pemerintah baik pusat maupun daerah, melalui Inpres tersebut semua pemangku kepantingan dituntut untuk bersinergi dan bersatu padu dalam program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

“Pemerintah berupaya meningkatkan dan mengembangkan sistem penangganan masalah penyalahgunaan narkotika dan peredaran narkotika yang komprehensif, integratif dan berkelanjutan dengan mengoptimalkan seluruh sumberdaya yang ada,” ungkapnya.

Kepada BNNP Sumatera Barat serta BNNK Solok dan aparat penegak hukum lainnya, wali kota mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas sinergi dan kerjasama yang selama ini terjalin, baik itu dalam pencegahan, pemberantasan maupun mengedukasi masyarakat agar semua terhindar dari hal-hal yang menyangkut dengan peredaran dan penyalahgunaan narkotika. (SIS)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama