Dapati Warga Asing, Ini yang Dilakukan Imigrasi Biak

 Petugas periksa dokumen WNA


PAPUA-Seorang petugas intelijen dan penindakan keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, Enos Wabiser mendapati sejumlah warga negara asing di Jalan Imam Bonjol, Senin (4/7/2022), sekitar pukul 19.20 WIT.


Merasa tidak mendapatkan laporan, baik dari pihak hotel atau pun tempat-tempat yang diberikan kewajiban oleh undang-undang untuk melapor setiap kedatangan tamu WNA kepada Kantor Imigrasi Biak, kemudian Enos menghubungi Kepala Sub Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak, Oky Syachputra. 

Oky Syachputra yang mendapati informasi tersebut didampingi anggotanya Yongki Duli Bahimuda bergegas menuju lokasi dimaksud. Kemudian dilakukan pembuntutan terhadap rombongan WNA tersebut. 

Setelah dilakukan pembuntutan, didapati rombongan WNA tersebut menuju ke salah satu hotel. Kemudian, Oky menghampiri para WNA tersebut, guna memastikan izin tinggal serta maksud dan tujuan ada di Biak. Dokumen mereka diperiksa.

Tiga warga asing yang dicek petugas tersebut, masing-masing Andresen Ulrik (Denmark), Law Terence Peter (Inggris) dan Smit Per Henry Jorgebser (Denmark).

Ketiga WNA itu menggunakan visa on arrival (visa saat kedatangan) tertanggal masuk Indonesia pada 2 Juli 2022 masuk lewat Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan izin tinggal selama 30 hari.

Mereka datang ke Biak untuk melakukan pemotretan beberapa spesies burung langka yang endemik yang hanya terdapat di Biak, yaitu jenis burung hantu yang hasil fotografinya akan digunakan untuk konsumsi pribadi yang bersangkutan.

Mereka jauh-jauh datang ke Biak karena kecintaan terhadap spesies jenis burung tersebut. Hanya saja, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Biak menyayangkan ketidakpatuhan pihak hotel dan penginapan dalam memberikan laporan tentang ada WNA yang menginap. "Harusnya dilaporkan ke kita," katanya. Pelaporan itu diatur oleh undang-undang. (farid)




Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama