Disdukcapil Payakumbuh Dinilai Tim Provinsi

 Tim penilai dari provinsi kunjungi Disdukcapil Payakumbuh


PAYAKUMBUH-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Payakumbuh disambangi tim penilai penyelenggara administrasi kependudukan terbaik tingkat Sumatera Barat.


Penilaian tersebut merupakan penilaian tahap dua, sebelumnya Disdukcapil Payakumbuh lolos dari penilaian tahap pertama yang dilakukan beberapa waktu yang lalu oleh Disdukcapil Provinsi.

Wali kota melalui Sekretaris Daerah Rida Ananda menyampaikan kepada tim penilai, Dukcapil Payakumbuh telah mendapatkan nilai tertinggi Ombudsman RI dan Payakumbuh merupakan satu-satunya yang berada di zona hijau dalam transparansi pelayanan publik. 

"Dukcapil kita juga meraih nilai A- dalam penilaian Kemenpan-RB serta dinas yang paling inovatif juga, dengan 27 inovasi pelayanan publik," kata Sekda Rida Ananda kepada tim penilai di ruang Randang Balai Kota Payakumbuh, Selasa (12/7/2022). 

Rida menyebut, sebagai bentuk dukungan dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan (adminduk), pemko menghadirkannya di mal pelayanan publik di lantai satu Balai Kota Payakumbuh.

"Harapan kita tentu semua kebutuhan masyarakat akan dokumen kependudukan dapat dipenuhi dengan mudah dan cepat, serta dengan revolusi industri 4.0, kita harus bisa menghadirkan pelayanan yang up to date. Terutama terhadap perkembangan teknologi Informasi, sehingga memudahkan pelayanan kita terhadap masyarakat," katanya. 

Dijelaskan Sekda, Pemko Payakumbuh terus berkomitmen atas terselenggaranya pelayanan publik yang sebaik-baiknya demi terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih.

"Dengan komitmen dan tekat kuat kita bersama tentu harapannya Disdukcapil Payakumbuh menjadi yang terbaik di Sumbar hendaknya," harapnya.

Kepala Dinas Dukcapil, Wal Asri mengatakan, selain beragam inovasi, Disdukcapil juga mendukung program strategis pemerintah dan bekerja sama dengan lintas sektor untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. "Dengan berbagai inovasi tersebut kita optimis bisa menjadi yang terbaik," ujarnya.

Dari sisi tim penilai, Besri Rahmad mengatakan, saat ini Payakumbuh sudah masuk 10 besar kabupaten/kota terbaik di Sumbar. Tinggal bagaimana Dukcapil Payakumbuh bisa melengkapi dan menyesuaikannya dengan indikator-indikator penilaian yang telah ditentukan.

"Ya kalau semuanya terpenuhi tentu akan menjadi yang terbaik di Sumbar," pungkasnya. (AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama