Disnakerperin Payakumbuh Adakan Pelatihan Menjahit

 Warga ikuti pelatihan menjahit


PAYAKUMBUH-Guna mendukung program dari Gubernur Mahyeldi dalam menciptakan 100 ribu enterpreneur milenial di Sumatera Barat, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrin (Disnakerperin) membuka peluang kepada masyarakat untuk mengikuti pelatihan keahlian menjahit.


Pelatihan menjahit berlangsung di aula gedung lantai dua kantor Disnakerperin, Kelurahan Padang Kaduduak, kecamatan Payakumbuh Barat.

Kepala Disnakerperin Yunida Fatwa ucapkan terima kasih kepada Wakil Ketua DPRD Payakumbuh, Wulan Denura yang masih mempercayakan pelaksanaan kegiatan dari bantuan pokok pikiran (pokir) kepada Disnakerperin.

“Program ini merupakan tindak lanjut dalam mendukung program menciptakan 100 ribu enterpreneur milenial yang digagas Gubernur Sumatera Barat,” ujarnya yang turut didampingi Sekretaris Doni Saputra, Selasa (26/7/2022).

Yunida Fatwa menympaikan, Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Tenaga kerja dan Perindustrian akan terus mencari informasi dan terus melakukan koordinasi bersama stakeholder terkait guna memanfaatkan peluang  untuk kebutuhan warga Payakumbuh, baik dari internal (pemerintah) maupun eksternal atau swasta.

Yunida Fatwa menegaskan, memang dalam tahapan penyeleksian kepada seluruh calon peserta akan lebih diperketat dengan tujuan agar mendapatkan kader yang berkualitas dan bisa meningkatkan perekonomian nantinya.

Dia berpesan, bagi yang belum lolos seleksi jangan sampai berputus asa, kedepannya kesempatan masih banyak, dan tetap semangat dan terus berkarya.

Guna memastikan berjalan dengan cepat dan efisien, Disnakerperin melangsungkan penyeleksian peserta diawali dengan tes wawancara yang dilaksanakan langsung oleh Kepala Bidang Tenaga Kerja (Kabid Naker) Gesmalindra dibantu beberapa kasi dan staf di bidangnya.

Pada tahap pertama penyeleksian, Kabid Naker imbau kepada seluruh peserta yang lolos dalam tahap pertama agar melanjutkan untuk ikut tes pengetahuan tentang mesin jahit langsung dengan keahlian menjahit dasar.

Berdasarkan data dari bidang  naker calon peserta yang telah mengisi formulir pendaftaran (online) sudah terdata 65 orang, uang menyerahkan bahan administrasi 43 orang dan yang akan mengikuti 35 orang.

Gesmalindra mengatakan, jika tidak ada kendala selama proses penyeleksian, maka akan dilaksanakan langsung ke kegiatan inti pada bulan ini, dan proses demi proses telah dimulai yang diharapkan melalui proses ini akan mendapatkan  dan dapat tepat sasaran, oleh karna itu seleksi saat ini agak diperketat.

Sesuai dengan kebutuhan pelaksanaannya, pelatihan menjahit yang digelar Disnakerperin  akan diikuti dan hanya akan lolos secara seleksi yakni berjumlah 32 orang dan tentunya yang lolos seleksi merupakan warga Kota Payakumbuh dengan dibuktikan ber-KTP Payakumbuh.

“Seluruh peserta yang telah lolos tadi akan mengikuti kegiatan pelatihan selama 20 hari kedepan, tidak termasuk hari libur dan tanggal merah dan yang telah lolos ini nantinya akan dibagi menjadi dua gelombang. Dimana untuk gelombang pertama dimulai 20 Juli hingga 20 Agustus 2022 yang akan diikuti 16 orang dan gelombang kedua 22 Agustus hingga 13 September 2022 yang juga akan diikuti 16 peserta,” tukas Gesmalindra. (AA)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama