Kelurahan Selawan Dinilai Tim Provinsi


Ekspose lomba desa berprestasi


ASAHAN-Pemerintah Kabupaten Asahan bersama dengan TP-PKK Asahan menyambut kedatangan tim penilai kelurahan terbaik tingkat Sumatera Utara di Kelurahan Selawan, Kecamatan Kota Kisaran Timur, Jumat (22/07/2022).


Kedatangan tim yang diKetuai Marzuk itu guna melakukan penilaian kepada Kelurahan Selawan yang menjadi perwakilan Kabupaten Asahan untuk mengikuti lomba kelurahan terbaik.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Asahan,  Buwono Prawana menyampaikan beberapa keunggulan di Kelurahan Selawan, di antaranya, memiliki ruang pelayanan administrasi terpadu yang bersih dan nyaman, walaupun minimalis namun representatif. Adanya aplikasi pelayanan administrasi terpadu kelurahan yang disingkat Sipantas.

Aplikasi yang menggunakan smartphone ini adalah suatu inovasi yang sangat efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dengan adanya Sipantas, masyarakat tidak perlu datang ke kantor lurah, urusan masyarakat menjadi tuntas. 

Selanjutnya memiliki taman bermain anak Kelurahan Selawan dan tingkat partisipasi masyarakat yang cukup tinggi yang dibuktikan dengan hibah tanah masyarakat kepada Pemerintah Kelurahan Selawan serta adanya ruang pelayanan administrasi terpadu di kantor kelurahan dan pemasangan paving blok di halaman kantor kelurahan.

"Dengan beberapa keunggulan yang kami sampaikan, tentunya tidak berlebihan apabila kami memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Selawan sebagai kelurahan terbaik tingkat Asahan pada 2022. Tentunya kami berharap evaluasi dan penilaian yang sedang berlangsung ini, menjadi asupan ilmu dan wawasan bagi Selawan nantinya," kata Buwono.

Buwono berharap kepada lurah dan jajarannya agar mengerahkan semua kemampuannya dalam kompetisi ini. "Menjadi pemenang pertama keinginan kita bersama, tapi proses pemahaman yang menjadi tujuan utama, paham menyelenggarakan pemerintahan, paham memberdayakan masyarakat, paham melayani masyarakat serta paham memaksimalkan pengembangan potensi lokal untuk mensejahterakan masyarakat menuju masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan nerkarakter, serta Sumut yang bermartabat," katanya.

Ketua tim penilai yang juga Sekretaris Dinas PMD Sumut, Marzuki mengatakan, pelaksanaan penilaian desa dan kelurahan terbaik merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa/kelurahan setiap tahunnya dan dalam rangka memberikan motivasi untuk mendorong pembangunan dan pengembangan sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian desa. 

Dalam penilaian itu, Lurah Selawan Zulkifli Panjaitan dan Ketua TP-PKK Kelurahan Nur Ainun Zulkifli memberikan pemaparan tentang hal yang dilakukan.

Tim penilai meninjau ruang pelayanan Sipantas, tanaman toga, taman bermain anak dan galeri OVOP.(YG)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama