Payakumbuh Rawan Bencana, Peran KSB Diperlukan


 Peserta pelatihan foto bersama


PAYAKUMBUH-Pemerintah kota melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Payakumbuh adakan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana di aula peternakan Provinsi Sumatera Barat, Ibuah, Rabu (13/7/2022).


Kegiatan tersebut diikuti lurah, F-PRB, PMI, RAPI, Tagana serta unsur masyarakat dengan narasumber dari BPBD Sumbar serta dari BPBD Payakumbuh.

Wali kota diwakili Asisten III Ifon Satria mengatakan, dalam penanggulangan bencana ini, kelompok siaga bencana (KSB) di tingkat kelurahan harus bisa menjadi pelopor atau penggerak kegiatan dalam pengurangan risiko bencana.

"Peran dari KSB serta unsur masyarakat sangat dibutuhkan. Sebab ketika terjadi bencana KSB ini akan berada di garda terdepan dalam mengelola dan melaporkan data kebencanaan di wilayah masing-masing," kata Ifon Satria.

Dia menyebut, berdasarkan data dari BNPB secara nasional, tingkat kerawanan bencana di Payakumbuh termasuk kategori rendah. Namun untuk kerawanan bencana angin puting beliung, Payakumbuh berada pada urutan teratas di Sumbar.

"Secara kasat mata kita lihat Payakumbuh masih aman-aman saja. Tapi sebenarnya kita termasuk dalam rawan bencana kategori sedang sampai tinggi," ucapnya.

"Makanya, kepada KSB dan segenap unsur masyarakat, saya pesankan ikutilah pelatihan ini dengan serius. Karena ini merupakan langkah awal kita dalam menghadapi bencana yang bisa datang kapan saja," harapnya.

Kalaksa BPBD Payakumbuh Erizon mengharapkan dengan pelatihan ini semua KSB serta unsur terkait bisa tersus berkoordinasi dan berkolaborasi dalam hal penanggulangan bencana.

"Kita akan upayakan kembali KSB di setiap kelurahan itu sebagai ujung tombak BPBD dalam melaksanakan penanggulangan bencana di lapangan," kata Erizon.

Dijelaskan Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Arman Riska, setelah pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana, selanjutnya akan dilakukan pelatihan simulasi bencana untuk KSB serta unsur masyarakat lainnya.

"Sekarang baru teori. Selanjutnya akan kita simulasikan. Tujuannya supaya KSB kita lebih paham lagi dengan praktek itu dan lebih paham dengan langkah-langkah yang akan dilakukan terlebih dahulu," pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilakukan pengukuhan KSB tingkat Payakumbuh, KSB kecamatan dan KSB seluruh kelurahan dengan Ketua : Prambudi, Wakil Ketua Dedet Yumadiansyah, Sekertaris Muhammad Rifki, Wakil Sekertaris Al Haris dan Bendahara Irnaldi. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama