Pemkab Asahan Percepat Vaksinasi PMK, Vaksin dari Provinsi Terus Diupayakan


Bupati Asahan tinjau penyuntikan vaksin PMK 


ASAHAN-Guna mencegah dan penanggulangan penyakit mulut dan kuku (PMK), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Asahan melaksanakan vaksinasi PMK secara massal tahap pertama yang dilaksanakan selama dua hari, 18-19 Juli 2022.


Lokasi penyuntikan vaksinasi PMK ini dilakukan pada lima desa di Kecamatan Air Batu, masing-masing Desa Air Teluk Kiri, Desa Air Genting, Desa Hessa Air Genting, Desa Danau Sijabut dan Desa Hessa Perlompongan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten, Drh. Yusnani saat menyampaikan laporannya di hadapan Bupati Surya di halaman rumah warga Desa Air Teluk Kiri, Senin (18/7/2022).

Yusnani melaporkan, jumlah ternak yang akan divaksin aftopor 400 ekor sesuai dengan jumlah vaksin yang diterima 400 dosis dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara yang diterima pada Kamis 14 Juli 2022. 

"Untuk petugas yang akan melaksanakan kegiatan adalah medik dan paramedik veteriner Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sebanyak 27 orang yang terdiri dari lima medik veteriner dan 22 paramedik veteriner yang dibagi dalam dua tim," ucap Yusnani.

Bupati Surya bersyukur untuk tahap pertama ini Asahan mendapat kuota 400 dosis vaksin PMK. Adapun kriteria ternak yang layak divaksin, adalah sapi sehat pada daerah yang masih rendah tingkat infeksinya dan setelah dilakukan screening, maka Kecamatan Air Batu memenuhi syarat untuk pelaksanaan vaksinasi tahap pertama sesuai dosis yang tersedia. 

 Bupati mengatakan, untuk vaksinasi tahap selanjutnya masih menunggu distribusi vaksin dari Kementerian Pertanian melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumatera Utara. "Bagi peternak yang belum mendapat jatah vaksin pada tahap pertama, harap bersabar dan kami akan terus berusaha untuk mendapatkan kuota sesuai kebutuhan daerah kita," kata bupati.

Bupati bersama dengan Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Kominfo, Kasat Pol PP dan pejabat lainnya melihat proses penyuntikan vaksin kepada hewan ternak.(YG)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama