Polwan itu Bernama Hongcin, Asli Sikabau

 

Briptu Hongcin

DHARMASRAYA-Seorang polwan yang berdinas di Polres Dharmasraya bernama Hongcin. Usut punya usut, nama itu memiliki kepanjangan Hongkong-Cina. Namanya kurang populer di kalangan masyarakat Minang, namun Hongcin asli urang awak.


Hongcin  yang berpangkat brigadir satu (briptu) bertugas di Bamin Subbag Faskon Bag Log Polres Dharmasraya.  Briptu Hongcin merupakan anak bungsu  dari empat bersaudara pasangan Bachtiar dan Halwani. Keluarga itu tinggal di Nagari Sikabau, Kecamatan Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Bachtiar yang ditemui di rumahnya, Minggu (3/7/2022) mengatakan,  awal cerita nama Hongcin yang diberikan kepada anaknya tersebut, waktu dia lagi menonton televisi yang kebetulan menayangkan berita kembalinya Hongkong ke Cina.

Dikatakan Bachtiar, saat menonton televisi, dia  dipanggil istrinya yang sedang hamil. Malam itu, tepatnya 1 Juli 1997, istrinya melahirkan. Berita itu menjadi inspirasi, Hongkong dan Cina dipendekkan jadi Hongcin dan dilekatkan jadi namanya anaknya.

Peristiwa itu 25 tahun lalu. Hongcin jadi nama anak perempuan mereka yang kini sudah jadi polwan.

Briptu Hongcin bangga dengan nama pemberian orang tuanya. "Hongcin berkorelasi dengan sejarah kembalinya daerah Hongkong ke Cina. Saya putri asli Nagari Sikabau," katanya.

Dia menyebutkan, menjadi polwan merupakan cita-citanya. Pengalaman kerjanya, antara lain pernah bertugas di Ditsabhara Polda Sumbar (2016-2018), Satsabhara Polres Dharmasraya (2018), Satlantas Polres Dharmasraya (2018), Bagren Polres Dharmasraya (2020), Subbag Sarpras Bagsumda Polres Dharmasraya (2021), Bamin Subbag Faskon Baglog Polres Dharmasraya (2021-sekarang).

Kapolres AKBP Nurhadiansyah mengatakan, menyebutkan, anggotanya yang bernama Hongcin bertugas Bamin Subbag Faskon Baglog Polres Dharmasraya.

"Saya selaku kapolres bangga terhadap Briptu Hongcin karena dia rajin dalam melaksanaan tugas dan bertanggung jawab, walupun sering ditugaskan ke Polda Sumbar," ujar kapolres.

Dia menyebut, Hongcin tak pernah mengeluh dalam menjalankan perintah. Hongcin piawai pula jadi pembawa acara. (eko)


Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama