Ribuan Santri Ikut Pawai Meriahkan Tahun Baru Islam

 Wali kota lepas pawai santri


PAYAKUMBUH-Tak kurang 3.000 santri dari 150 Taman Pandidikan Alquran (TPA/TPQ) di Payakumbuh mamadati halaman balai kota dalam gelaran apel akbar Lembaga Didikan Subuh dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 H. Kegiatan dihadiri Wali Kota Riza Falepi, Sabtu (30/7/2022).


"Setelah dua tahun tak diadakan, hari ini kita dapat mengangkatkan kembali apel akbar santri didikan subuh. Semoga ini jadi langkah awal yang baik buat syiar Islam," ujar Ketua Lembaga Didikan Subuh (LDS) Payakumbuh, Ust. Endrinaldi. 

Dikatakan, dalam apel akbar tersebut di samping penampilan santri membawakan materi yang biasa ditampilkan saat didikan subuh, peserta apel juga melakukan pawai menyusuri jalanan kota. 

"Untuk syiar tahun baru Islam, apel akbar ini juga kita isi dengan pawai melintasi pasar raya dan kembali ke balaikota. Alhamdulillah perjalanan lancar dan anak-anak bersemangat menjalaninya," ujar Endrinaldi.

Wali Kota Riza Falepi menyambut baik pelaksanaan apel akbar tersebut. Pihaknya merasa senang, sebab ribuan santri peserta apel memberi harapan akan tumbuhnya generasi unggul Payakumbuh di masa depan. 

"Luar biasa, inilah para pelanjut kita, generasi emas yang akan memimpin kota dan bangsa ini kedepan. Tentu kami bahagia karena anak-anak semua adalah generasi yang dekat dengan agama, dekat dengan Alquran. Insya Allah kalian adalah calon pemimpin masa depan," kata Riza.

Wali kota menyampaikan ucapan selamat tahun baru Islam 1444 H sekaligus permohonan maaf dan pamit kepada peserta apel akbar. "Kurang dua bulan lagi, saya akan mengakhiri jabatan selaku wali kota. Oleh karena itu, atas nama pribadi dan keluarga saya menyampaikan permohonan maaf sekaligus terima kasih atas dukungan selama kami menjabat. Semoga ke depan,  Payakumbuh akan dipimpin oleh sosok buya atau orang yang tetap peduli dengan kegiatan agama," ujar Riza Falepi.   

Apel akbar diisi dengan tausiyah yang disampaikan Ust. Yengki Otrio dan tambahan motivasi dari alumni TPQ Masjid Muslimin Balai Baru yang juga perantau sukses asal Payakumbuh, Ust. Isnaldi Muhammad Dini. 

Kabag Kesra Irwan Suwandi mengatakan, pihaknya bersama LDS dan PHBI mengangkat gelaran apel akbar tersebut saat pergantian tahun Islam. 

Apel akbar ditutup dengan pelepasan pawai oleh wali kota. Turut mendampingi walikota, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Elvi Jaya, Kabag Kesra Irwan Suwandi, Kasi PK-Pontren Kemenang Endra Rinaldi, Ketua PHBI Sahidin, para camat dan Ketua LDS Kota serta LDS kecamatan. (AA)



Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama